in

Ratusan WBP Lapas Martapura jalani tes penyakit TB dan AIDS

Martapura (ANTARA) – Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, menjalani tes screening penyakit menular Tuberkulosis (TB) dan HIV/AIDS.

“Pemeriksaan kesehatan ini untuk memastikan tidak ada WBP yang menderita penyakit tersebut,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Martapura, OKU Timur, Edi Saputra, Kamis.

Dia menjelaskan pemeriksaan ini sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit menular seperti TB dan AIDS di lapas setempat.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya melibatkan tim medis dari Dinas Kesehatan OKU Timur untuk memeriksa kesehatan ratusan penghuni Lapas Martapura.

Baca juga: BIN Daerah Sumsel fasilitasi vaksin bagi warga binaan Lapas Martapura

“Sedikitnya ada sebanyak 215 orang WBP yang menjalani pemeriksaan,” katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ditemukan satu pun warga binaan yang positif terinfeksi penyakit menular yang berbahaya tersebut.

“Alhamdulilah hasil tes semuanya negatif,” jelasnya.

Meski demikian warga binaan tetap diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan area sel tahanan agar terhindar dari penyebaran berbagai penyakit menular, terutama pada TB dan HIV AIDS.

“Kami juga menyiapkan ruang isolasi jika ada WBP yang menderita TB atau pun HIV/AIDS,” kata dia.

Baca juga: Jumlah warga binaan penghuni Lapas Martapura lebihi kapasitas

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tim-tim F1 akan bahas penyesuaian batas anggaran di Austria

Tiga pesepeda Indonesia ke Kolombia demi kejar poin Olimpiade Paris