in

Tim-tim F1 akan bahas penyesuaian batas anggaran di Austria

Jakarta (ANTARA) – Tim-tim Formula 1 akan membahas penyesuaian batas anggaran, berkaca kepada tingginya harga energi dan bahan bakar dan inflasi, dalam pertemuan di Austria pada Jumat (8/7) esok, demikian Reuters.

Situasi tersebut akan dibahas oleh komisi Formula 1 FIA jelang Grand Prix Austria di Red Bull Ring, Spielberg.

“Mengingat komisi hanya dijadwalkan selama dua jam, kami harus segera menyelaraskan. Saya pikir kami sedang mendiskusikan berbagai opsi,” kata bos tim Williams Jost Capito di Silverstone pekan lalu.

“Saya yakin kami akan menemukan kompromi yang berfungsi bagi kami semua,” kata dia.

Kepala tim McLaren Andreas Seidl berharap pertemuan itu akan menemukan solusi yang menjadi kepentingan terbaik bagi olahraga balap itu dan menjadi penutup bahasan terkait topik tersebut.

Beberapa petinggi tim lain mengatakan kelompok finansial kemungkinan akan diminta mempersembahkan rencana final sebelum hal tersebut dapat diputuskan sebelum jeda musim panas pada Agustus.

Baca juga: GP Austria ideal bagi Verstappen untuk kembali ke jalur kemenangan

Tim-tim besar mengatakan bahwa kejadian-kejadian tak terduga di dunia, seperti perang di Ukraina, telah membuat mereka mustahil berada dalam batas anggaran sebesar 140 juta dolar AS (sekira dua triliun rupiah) dan menyebutnya situasi force majeure.

Bos dan pemilik bersama tim Mercedes Toto Wolff pernah mengatakan pada Mei bahwa tagihan listrik pabrikan mereka di Brazkley, Inggris, melonjak dari 2,5 juta pounds (sekira 45 miliar rupiah) ke 6,5 juta pounds (sekira 116 miliar rupiah), biaya kargo pun sama naiknya.

“Akan menarik melihat bagaimana FIA hadir. Mereka sudah menjanjikan akan kembali ke kami dengan membawa proposal, jadi kami akan mendengarkan dengan seksama untuk melihat apa yang ditawarkan,” kata bos tim Red Bull Christian Horner.

Otmar Szafnauer yang mengepalai tim Alipine mengatakan pada Mei bahwa tim-tim besar harusnya mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan apabila tekanan inflasi memaksa mereka harus melanggar batas anggaran. Akan tetapi, Szafnauer terdengar lebih terbuka soal peningkatan batas tersebut itu di sejumlah bidang.

“Apabila ini masuk akal, kami akan menilainya dan menggunakan suara kami,” kata dia.

Hal-hal lain yang akan dibahas termasuk soal regulasi power unit untuk musim 2026, meskipun voting final masih lama.

Baca juga: Statistik Grand Prix Austria
Baca juga: Albon merasa fit untuk balapan di Austria

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022

What do you think?

Written by Julliana Elora

Prambanan Jazz sediakan “Eventor Stage” guna dukung talenta lokal

Ratusan WBP Lapas Martapura jalani tes penyakit TB dan AIDS