in

Reza Rahadian & Pevita Pearce duet di film yang direkam pakai ponsel

satu film satu hari, itu yang seru, dengan smartphone pula

Jakarta (ANTARA) – Aktor Reza Rahadian & Pevita Pearce membintangi film pendek yang direkam menggunakan ponsel Samsung Galaxy S22 Ultra 5G berjudul “Seperti Sediakala” garapan sutradara dari Serangkai Films Anggita Puri.

Karya tersebut merupakan adaptasi dari film pendek “Soulmate is a Strange Concept” karya Serangkai Films sebagai pemenang kategori Director’s Choice dalam kompetisi film pendek Galaxy Movie Studio 2022.

Kesempatan untuk berakting di depan kamera ponsel menjadi pengalaman kedua bagi Reza setelah pada tahun lalu membintangi film pendek “Konfabulasi” yang diarahkan oleh sutradara Angga Dwimas Sasongko. Di sisi lain, “Seperti Sediakala” menjadi pengalaman pertama bagi Pevita yang syuting sepenuhnya menggunakan kamera ponsel.

Baca juga: Cerita Dian Sastro dan Reza Rahadian syuting film bermodal ponsel

Baca juga: Samsung luncurkan film pendek yang direkam dengan Galaxy S21 Ultra 5G

“Ini pengalaman yang menyenangkan bisa sama-sama bekerja lagi, apalagi sekarang dengan sineas Serangkai Films. Pengalaman diskusi yang menarik juga dengan mereka semua yang berbakat dan sangat kreatif,” kata Reza saat peluncuran film tersebut di XXI Epicentrum, Jakarta, Senin.

Sementara itu, Pevita mengaku dirinya bersemangat terlibat dalam proyek baru ini. Sebelum syuting, awalnya ia sempat bertanya-tanya hasil produksi film dengan hanya bermodal ponsel pintar akan tampak seperti apa. Setelah film selesai disunting, menurut Pevita, “Seperti Sediakala” menampilkan hasil yang sinematik dan profesional.

“Jadi ini pengalaman yang tidak terlupakan menggunakan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G,” ujarnya. “Dan tadi setelah nonton aku bilang sama Reza, ini ada yang kurang, nih, kurang panjang kayaknya,” gurau Pevita.

“Seperti Sediakala” menceritakan tentang seorang perempuan bernama Intan (diperankan oleh Pevita) yang mengunjungi toko perhiasan untuk membuat cincin pernikahannya. Secara misterius, dia bertemu dengan perajin cincin bernama Kala (diperankan oleh Reza) yang anehnya sangat mengenal dengan Intan. Kala bertingkah dan berpakaian layaknya laki-laki yang hidup di tahun 1960-an.

Menurut Reza, proses pengambilan gambar “Seperti Sediakala” yang dikerjakan hanya dalam satu hari merupakan pengalaman paling menarik dan menantang. Kesulitannya, kata Reza, terletak pada pesan cerita yang luas mengenai konsep jodoh, kehilangan, dan cinta namun di saat yang bersamaan dihadapkan pada tuntutan kepadatan film.

“Sebenarnya yang paling seru karena syutingnya satu hari. Kapan lagi kita ngelarin satu film satu hari, itu yang seru, dengan smartphone pula,” ujarnya.

Selain dibintangi oleh aktor papan atas, pembuatan “Seperti Sediakala” turut didampingi dan dimentori oleh Angga dalam sesi Galaxy Masterclass.

Menurut Angga, karya dari Serangkai Films ini memiliki keunggulan secara teknis mulai dari segi desain produksi yang rapi hingga sinematografi yang dapat memanfaatkan ruang-ruang sempit, merangkum dua unsur itu dengan cerita yang unik dan surealis.

“Sangat penting bagaimana kita sebagai pembuat film bisa memaksimalkan dan menempatkan smartphone tersebut, mulai dari pemilihan angle hingga penentuan mode kamera untuk menyajikan cerita sebaik-baiknya kepada penonton,” katanya.

Seperti Sediakala tayang perdana pada Senin di saluran YouTube Samsung Indonesia. Film ini juga akan tayang di bioskop XXI Summarecon Serpong, Aeon Mall Sentul City, Kota Kasablanka, Ambarukmo Yogya, Plaza Senayan, dan Lenmarc mulai 14 Juni hingga 13 Juli 2022.

Baca juga: Samsung hadirkan rangkaian Galaxy Movie Studio tahun ini

Baca juga: Samsung gandeng sutradara kondang untuk produksi film pakai smartphone

Baca juga: Angga Sasongko bikin film pendek pakai HP, ini fitur yang digunakan

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sukseskan PID, 90 Persen Balita Sudah Mendapatkan Imunisasi di Pessel

“The Outlaws 2” sukses kalahkan jumlah penonton “Parasite”