in

Ribuan Masyarakat Aceh Selatan Ikuti Zikir Raja Selaweut

Ribuan Masyarakat Aceh Selatan Ikuti Zikir Raja Selaweut (fOTO: aceHTrend/Masrian)

ACEHTREND.CO, Tapaktuan – Ribuan masyarakat Aceh Selatan yang terdiri dari berbagai elemen, berkumpul di halaman Pendopo Bupati Aceh Selatan, Jln. Nyak Adam Kamil, Gampong Hilir, Kecamatan Tapaktuan, Kamis malam (1/2/2018) dengan agenda zikir Raja Selaweut sekaligus do’a bersama untuk keselamatan, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten tersebut.

Acara yang berlangsung sejak pukul 20:30 WIB diawali dengan jamuan makan bersama sekaligus shalat berjama’ah di Pendopo Bupati setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Selatan, HT. Sama Indra, SH menyampaikan, pembacaan raja selaweut sebenarnya berasal dari Kabupaten Aceh Selatan yang dikembangkan di Aceh Utara dan Aceh Timur, yang pada subtansinya raja selaweut merupakan produk asli Kabupaten Aceh Selatan.

“Sebagai bupati Aceh Selatan, saya sangat menginginkan agar raja selaweut untuk kembali kita kembangkan di Aceh Selatan, sebab Aceh Selatan merupakan tempat lahirnya ulama-ulama di Aceh,” ujarnya.

Sama Indra menambahkan, pembacaan raja selaweut hendaknya dibudayakan di Kabupaten Aceh Selatan, sebab menurutnya, pembacaan raja selaweut juga sebagai cara mengingat Allah dan Rasul-Nya.

“Meskipun pembacaan raja selaweut kita laksanakan diakir masa jabatan, namun pembacaan raja selaweut hendaknya kita budayakan di Kabupaten kita ini,” sebutnya.

Terakir lanjut Sama Indra, dengan pembacaan raja selaweut pada malam ini mudah-mudahan kepergiannya diakir masa jabatan untuk datang kembali.

“Semoga pembacaan raja selaweut pada malam ini menjadi awal berkembangnya pembacaan raja selaweut di Kabupaten kita. Mudah – mudahan kepergian saya pada cuti jabatan ini untuk kembali di periode selanjutnya,” ungkap Sama Indra yang disertai senyum diwajahnya.

Setelah rangkaian sambutan selesai, acara raja selaweut sekaligus doa bersama dipimpin langsung oleh Abon Matan Kuli, Aceh Utara, Tgk. H. Abu Bakar bersama dengan sejumlah ulama Aceh Selatan lainnya.

Dalam acara tersebut juga ikut dihadiri, Sekda Aceh Selatan, Dandim 0107 Aceh Selatan, Kapolres Aceh Selatan, Para Asisten Pemerintahan, para kepala SKPK, Anggota DPP Golkar Andi Sinulingga dan ribuan masyarakat Aceh Selatan lainnya.[]

Komentar

What do you think?

Written by Julliana Elora

Rafli Kande : RUU Hak atas Tanah Adat akan Jadi Prioritas

Kunjungan ke Afghanistan: Kewajiban Kita Ikut Menjaga Perdamaian Dunia