in

Rp 54 M Untuk Jalan Manggopoh-Padanglua

Pemprov Sumbar mengusulkan dana sebesar Rp54 miliar ke pemerintah pusat untuk pembangunan ulang jalan Manggopoh-Padanglua tahun ini. Jalur provinsi sepanjang sekitar 65 kilometer itu sudah banyak mengalami kerusakan dan butuh pelebaran.

Usulan itu dibeberkan Kepala Seksi UPTD Jalan dan Jembatan Wilayah III, Dinas Bina Marga Cipta Karya Tata Ruang (BMCKTR) Sumbar, Anke Dwila Yunifa. Ia berharap usulan itu disetujui pusat secepatnya.

“Pemprov terus berupaya agar bisa membangun ulang jalur Manggopoh-Padanglua. Kita telah mengusulkan ke pemerintah pusat kebutuhan dana untuk pengaspalan ulang dan kita harapkan bisa terealisasi pada 2024 nanti,” kata Anke, kemarin.

Sementara ini, lanjutnya, untuk memperlancar arus lalulintas dari Simpang Gudang ke Padanglua, tengah dilakukan perbaikan ruas jalan yang mengalami rusak ringan. Perbaikan dilakukan melalui dana pemeliharaan rutin tahun anggaran 2023 dengan penambalan cekungan atau lubang yang ada.

Perbaikan jalur poros yang melintasi kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Danau Maninjau itu sedang berlangsung saat ini. Pengerjaannya diyakini selesai dalam beberapa hari ke depan.

Anke berharap perbaikan ringan ini akan memperlancar arus lalulintas warga, khususnya di Agam untuk beraktivitas sehari-hari. “Kita harapkan dengan adanya perbaikan dengan melakukan penambalan ini dapat memperlancar mobilitas masyarakat,” tuturnya.

Di samping melakukan pemeliharaan rutin imbuh Anke lagi, Pemprov juga sedang dalam proses pelebaran jalan Simpang Gudang, Nagari Manggopoh ke Balaiselasa, Kampungpinang. Pengerjaannya telah berlangsung selama dua tahun terakhir.

Kemudian, Pemprov juga telah membangun jembatan Batang Kurambiak di Nagari Kotomalintang, Kecamatan Tanjungraya. Jembatan ini sebelumnya mengalami kerusakan akibat banjir. “Saat ini sudah selesai dan sudah bisa dilalui kendaraan,” katanya.

Namun demikian, ia mengakui belum semua kerusakan dapat dibenahi saat ini lantaran keterbatasan anggaran. Untuk itu ia berharap masyarakat selalu berhati-hati saat berkendara melintasi jalur Manggopoh-Padanglua.

“Kita berharap masyarakat untuk selalu berhati-hati berkendara agar terhindar dari kecelakaan. Tidak terburu-buru dan selalu memperhatikan kecepatan,” tutupnya. (ptr)

What do you think?

Written by Julliana Elora

8 Pelanggar Perda Disidang Tipiring

SAW X, kembalinya teror mengerikan Jigsaw