in

Rumah Milik Sekretaris PMI Terbakar

Minggu, 7 Mei 2017 16:10 WIB

BANDA ACEH – Sebuah rumah dan toko pelaminan milik Didi Agustinus (53), Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh, di Jalan Cut Nyak Dhien No 582 Gampong Lamteumen Barat, Kecamatan Jaya Baru, Sabtu (6/5) sekira pukul 09.30 pagi terbakar. Tidak ada korban jiwa, namun api yang diduga akibat korsleting listrik menghanguskan bagian belakang bangunan.

Informasi yang diperoleh kemarin dari Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Drs Ridwan melalui petugas pengimputan data, Yudi mengatakan, api dan asap pekat berasal dari ruang belakang rumah Didi Agustinus.

Yudi mengutip keterangan saksi bernama Toha (30), yang mengatakan bahwa asap mulai mengepul dari belakang rumah Didi sekitar pukul 09 pagi. “Awalnya dikira ada yang membakar sampah. Tapi asapnya semakin banyak, sehingga Toha dan kawan-kawannya terpaksa mendobrak pintu rumah itu,” ujar Yudi.

Dia menambahkan, saat itu rumah dan tempat usaha itu tertutup karena pemiliknya sedang ada keperluan di Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Saat pintu berhasil didobrak, Toha dan kawannya langsung melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Sedangkan rekannya yang lain pergi melapor ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh yang tidak jauh dari lokasi kejadian. 

Mendapat informasi kebakaran pada pukul 09.30, lanjut Yudi , DPKP langsung mengerahkan tiga unit armada pemadam kebakaran (damkar), satu unit armada Suplai, serta satu ambulans milik P2KK Aceh. “Api berhasil dipadamkan pada pukul 10.15. Bahan pelaminan yang berada di ruang belakang hangus semua,” jelasnya. 

Dalam pemadaman tersebut, DPKP turut dibantu personel Polsek Jaya Baru, Dit Sabhara Polda Aceh, Polresta Banda Aceh, serta sejumlah relawan RAPI.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Hagny mengatakan, Didi Agustinus merupakan pendonor darah rutin di PMI Banda Aceh. Pihaknya turut memberikan bantuan kepada korban berupa paket sembako, alat dapur, serta kain sarung dan selimut. “Bagi yang ingin menyumbang dapat melalui rekening PMI Peduli Sesama di nomor 7070202012 Bank Syariah Mandiri,” tukasnya.

Didi Agustinus tercatat aktif pada beberapa komunitas, antara alumni Smandu atau SMAN 2 Banda Aceh, komunitas alumni FP Unsyiah, serta juga salah satu anggota aktif pada komunitas ontelis yang tergabung dalam Gari Awak Awai (GAA) Kutaraja. Hingga petang kemarin, semua rekan dan sejawat Didi tampak menyambangi lokasi musibah.(fit) 

What do you think?

Written by virgo

4 Hal Menarik Kapal Perompak China Ketahuan Garap Harta Karun RI

4 Hal Tentang Ritual Santhara Yang Dapat Dilaksanakan Ratusan Orang