in

Sandhy Sondoro ingin bawa nama baik Indonesia saat konser di Bulgaria

Jakarta (ANTARA) – Penyanyi Sandhy Sondoro mengatakan dirinya bersama komposer Erwin Gutawa beserta tim yang terlibat ingin membawa nama baik Indonesia melalui konser “Harmonature” yang akan digelar di Bulgaria.

Konser yang digagas oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Sofia, Bulgaria, itu akan diselenggarakan pada 8 Juni 2023 bertempat di amphitheater Roman Ancient Theater of Philippopolis di Plovdiv, Bulgaria.

“(Melalui konser ini) Kita ingin membawa nama baik Indonesia agar lebih baik lagi di mata internasional,” kata Sandhy kepada ANTARA, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Krisdayanti dan Sandhy Sondoro bawakan ulang “Hanya Memuji”

Selain Sandhy, konser akan menampilkan pesinden dan dalang muda Woro Mustiko, peragaan busana batik ramah lingkungan oleh Sejauh Mata Memandang yang diperagakan model Bulgaria, penyanyi Bulgaria Petya Paneva yang menyanyikan lagu Indonesia, serta penampil lainnya.

Konser ini turut melibatkan Jay Subiyakto sebagai art director yang menyiapkan konsep dan teknis pertunjukan dengan menghadirkan perpaduan tradisi dan teknologi audiovisual.

“Semangat yang dibawa adalah kita akan menginfokan ke Eropa dan dunia luar bahwa Indonesia itu juga bisa maju dalam hal, ada di kecanggihan seni, stage lighting, dan segala macam, dan kita modern,” ujar Sandhy.

Mendapat kesempatan untuk tampil di salah satu teater Romawi kuno di dunia yang kaya menyimpan sejarah peradaban, Sandhy mengaku hal ini menjadi pencapaian bagi dirinya. Dia pun mengapresiasi upaya KBRI di Sofia yang dapat mewujudkan konser tersebut.

Sandhy pun berharap hubungan kerja sama antara Indonesia dan Bulgaria nantinya akan semakin erat untuk segala bidang, termasuk bidang kebudayaan, perekonomian, hingga pendidikan.

“Buat saya ini salah satu pencapaian juga, ya, saya bisa main di sana. Dan mudah-mudahan mereka juga bisa lebih mengenal lagi bangsa Indonesia, mengenal tentang Indonesia,” ujar dia.

Untuk mempersiapkan konser, Sandhy mengatakan dirinya bersama tim yang digawangi Erwin Gutawa akan melakukan latihan terlebih dahulu pada awal Juni sebelum terbang ke Bulgaria pada 4 Juni mendatang. Setelah itu, tim akan kembali latihan di Bulgaria sebelum akhirnya konser terlaksana pada 8 Juni 2023.

Pertunjukan “Harmonature” mengusung konsep ethnochestra yang memadukan musik etnik dan orkestra. Sebelumnya pada 2019, Sandhy pernah terlibat dalam konser serupa yang juga digawangi Erwin Gutawa di Vienna, Austria.

“Ini perjalanan kedua kali saya dengan mas Erwin dan ethnochestra-nya. Yang sudah-sudah memang keren, sih,” tutur Sandhy.

Konser “Harmonature” akan diadakan secara gratis bagi masyarakat Bulgaria yang dimulai 8 Juni 2023 pada pukul 21.00 waktu setempat yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube KBRI di Bulgaria.

Baca juga: Sandhy Sondoro-Claudia Emmanuela akan rilis remake “Tak Pernah Padam”

Baca juga: Sandhy Sondoro kenang masa sulit saat peristiwa Mei 1998

Baca juga: Alunan harmoni Candra Darusman di panggung Java Jazz 2022

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kemenkes: 15 Perusahaan IDK Telekesehatan Berstatus ‘Diawasi’

Sam Smith bocorkan kolaborasi dengan penyanyi asal Brazil