in

SD Negeri 04 Payakumbuh, Ada Perkemahan Pramuka Sabtu-Minggu

DILATIH: Guru dan murid SDN 04 Payakumbuh ketika melaksanakan kegiatan pramuka untuk
melatih kemandirian peserta didik.(TIM LAMAN GURU PAYAKUMBUH)

Sabtu-Minggu, atau tepatnya pada tanggal 27-28 Januari lalu, Pramuka Gugus Depan 02.019-02.020 SDN 04 Payakumbuh mengadakan perkemahan Sabtu Minggu.

Ada sebanyak 84 orang peserta didik kelas 6 yang ikut ambil bagian pada kegiatan yang digelar di Bumi Perkemahan Prakosempa dan Harau kabupaten Limapuluh Kota tersebut.

Rangkaian acara disusun sedemikian rupa, agar peserta didik dapat berlatih dan menerapkan pendidikan kepramukaan. Mulai dari upacara pembukaan, mendirikan tenda, PBB, memasak dengan tungku, mengisi SKU, cerdas cermat, api unggun dan renungan suci dan penjelajahan.

Setiap waktu salat sudah ada regu piket yang secara bergantian adzan, iqomah dan kultum, sebagai wujud dari pengamalan Dasa Dharma pertama, taqwa kepada tuhan YME dan Tri Satya pertama Menjalankan kewajiban kepada Tuhan YME.

Dalam amanatnya pada Upacara Api Unggun Sabtu malam itu, Ka. Mabigus Ideswal, S.Pd, M.Pd menyampaikan motivasi kepada seluruh peserta didik agar terus aktif dalam kepramukaan.

Karena akan menjadi modal dasar untuk menjadi pemimpin masa depan yang berkarakter dan tangguh menghadapi perkembangan zaman. Kepada seluruh pembina, Ka. Mabigus juga mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya persami ini dengan baik.

Persami dilaksanakan dalam rangka melaksanakan program Gugus Depan sekaligus mengimplementasikan kurikulum 2013, yang mana ekstrakurikuler Pramuka adalah ekstrakurikuler wajib bagi peserta didik.

Ekstrakurikuler yang dapat dilaksanakan dengan dua model, yaitu model terintegrasi dalam pembelajaran dan model blok. Gugus Depan dapat memilih salah satu model ini untuk menerapkan pendidikan kepramukaan pada satuan pendidikan yang melaksanakan kurikulum 2013.

Kelas 6 pada setiap satuan pendidikan Sekolah Dasar sedang dalam masa transisi dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka. Pelaksanaan model blok untuk ekstra kurikuler pramuka dapat dipilih untuk menjalankan proses dan penilaian yang akan dituangkan dalam rapor peserta didik.

Gugus Depan 02.019-02.020 SD Negeri 04 Payakumbuh disingkat Prakosempa adalah Gugus Depan yang selalu eksis dibawah binaan Kak Ayu sebagai ketua pembina Gugus Depan beserta tim pembina yang berkompeten, dan telah memiliki banyak prestasi bidang kepramukaan.

Prakosempa merupakan gugus depan unggul tingkat nasional serta gugus depan tergiat I tingkat Kota Payakumbuh, serta banyak prestasi lainnya.

Termasuk pernah beberapa kali menjadi Juara umum BOBB (Best of The Best batiah Scout Competition) yang merupakan ajang bergengsi anggota Pramuka, yang diadakan oleh Kwarcab 03.14 Kota Payakumbuh. Harapan kedepan tentu agar Pramuka SD N 04 terus berjaya dan tertap berprestasi. Aamiin. (Wira Hayu, S.Pd.SD, GURU SD NEGERI 04 PAYAKUMBUH)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kesbangpol Agam Dirikan Posko Kepemiluan, Sokong Kelancaran Pemilu 2024

SD Negeri 59 Payakumbuh, Sambut Positif Fitur Pengelolaan Kinerja Pada PMM