in

Kesbangpol Agam Dirikan Posko Kepemiluan, Sokong Kelancaran Pemilu 2024

PADEK.CO– Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Agam merancang pendirian Posko Kepemiluan.

Kepala Badan Kesbangpol Agam melalui Sekretaris, Eka Basmira mengatakan pada Pilpres dan Pileg tahun ini, pihaknya mengambil peran sebagai pelapis yang akan mendukung lembaga penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu.

“Namun di Pilkada nantinya, tentu Kesbangpol akan ambil peran lebih, karena sifatnya bukan lagi sebagai penyokong tapi akan jadi tugas pokok,” sebut Eka.

Untuk Pilpres dan Pileg lanjutnya, Kesbangpol Agam tengah merancang pendirian Posko Kepemiluan sebagai langkah untuk menyokong kelancaran pesta demokrasi.

Dikatakan, posko ini akan dimanfaatkan sebagai pusat koordinasi untuk mengelola informasi terkait pemilu, termasuk pelaporan hasil monitoring atau pemantauan dari berbagai sumber.

“Posko ini segera kita dirikan di Kantor Kesbangpol Agam sekaligus dengan tim pemantau pelaporan evaluasi perkembangan politik di daerah ini,” ujarnya saat dikonfirmasi Kamis (1/2)

Dijelaskan bahwa posko ini akan melibatkan beberapa unsur baik dari aparat pemerintah daerah, maupun lembaga vertikal lainnya.

Menurutnya, posko ini merupakan langkah proaktif untuk memastikan setiap tahapan pemilu berjalan sesuai aturan dan menciptakan lingkungan politik yang sehat.

“Artinya posko ini sebagai bank informasi kepemiluan seperti hasil perhitungan suara. Namun, tentu hasil perhitungan kami ini bukan final, ada human error pastinya. Untuk informasi final tentu KPU yang berkewenangan menyampaikan,” katanya.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kabupaten Agam Bebas dari Nagari Tertinggal, 30 Nagari Berstatus Mandiri

SD Negeri 04 Payakumbuh, Ada Perkemahan Pramuka Sabtu-Minggu