in

SD Negeri 50 Payakumbuh, Ajang Untuk Melahirkan Generasi Yang Kuat

SILATURAHMI : Para murid SDN 50 Payakumbuh ketika mengikuti pesantren Ramadhan.(IST)

Memasuki hari ke-5 bulan Ramadhan 1444 H, atau bertepatan dengan hari Senin, 27 Maret 2023, seluruh peserta didik se Provinsi Sumatera Barat mengikuti acara pembukaan pesantren Ramadhan yang secara resmi dibuka Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, SP secara virtual melalui zoom meeting.

Beliau dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa tujuan pesantren Ramadhan ini adalah agar pemerintah, orang tua dan guru-guru bisa berkolaborasi membangun kekompakan, kebersamaan, kesepahaman dan bersatu dalam membentuk generasi yang memiliki keimanan yang kuat, generasi yang dekat dengan Allah SWT, generasi yang bisa menciptakan silaturahmi yang baik dengan orang lain, bisa menjadi pemimpin yang baik, memiliki ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam yang terpatri dalam fikiran, ucapan dan tingkah laku untuk mempersiapkan generasi terdepan.

Dalam kesempatan ini beliau berharap terhadap seluruh guru se Sumatera Barat agar bersungguh-sungguh, penuh ikhlas, sepenuh hati dan dengan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan ini.

Serta memberikan kemampuan terbaik agar acara pesantren Ramadhan ini terlaksana dengan sebaik-baiknya, agar peserta didik tumbuh dengan kebaikan-kebaikan untuk dirinya dan orang lain. Karena ditangan gurulah generasi yang kuat dan hebat dapat terwujud.

Di SD Negeri 50 Payakumbuh, kegiatan pesantren Ramadhan ini juga diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas 1 sampai kelas 6. Acara dilaksanakan di Mushalla Darul Ilmi yang ada di dalam lingkungan SD Negeri 50 Payakumbuh. Kegiatan pesantren Ramadhan ini dilaksanakan selama 16 hari mulai tanggal 27 Maret sampai 17 April 2023.

Pesantren Ramadhan di SD Negeri 50 Payakumbuh melaksanakan serangkaian kegiatan yang sudah disusun dengan rapi oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, kepala sekolah dan guru-guru. Waktu pelaksanaan untuk kelas rendah pukul 08.00-10.00 WIB sedangkan kelas tinggi pukul 08.00-11.00 WIB.

Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok halaqah yang didampingi oleh murabbi setiap kelompok. Setiap hari peserta didik menandatangani daftar hadir. Setelah itu kegiatan pesantren Ramadhan ini dibuka dengan membaca doa dan tadarus Al Quran pukul 08.00 – 08.30 WIB.

Setelah itu dilanjut dengan membaca dan menghafal surat An Naba’ pukul 08.30 – 09.00 WIB. Setiap peserta didik wajib menyetor hafalan suratnya. Untuk kegiatan Tadarus dan Tahfidz semua peserta didik harus membawa Al Quran. Setelah itu peserta didik akan diberi materi-materi keislaman yang akan disampaikan oleh guru-guru SD Negeri 50 Payakumbuh pukul 09.00-10.00 WIB.

Materi yang diberikan kepada peserta didik adalah tentang Akidah (mendekatkan diri kepada Allah SWT), Akhlak kepada orang tua, guru, dan sesama, sejarah 10 sahabat rasul yang dijamin masuk surga, fiqih thaharah, wuduk, tayamum dan fiqih ibadah. Setelah itu peserta didik dan guru-guru melaksanakan shalat Dhuha dan berinfak.

Pesantren Ramadhan kolaborasi ini nanti akan diakhiri dengan perlombaan-perlombaan sebagai evaluasi dan refleksi dari setiap kegiatan ini. Mudah-mudahan pesantren Ramadhan Kolaborasi ini berjalan dengan lancar.

Dan dengan adanya kegiatan Pesantren Ramadhan kolaborasi ini diharapkan peserta didik se Provinsi Sumatera Barat umumnya, dan SD Negeri 50 Payakumbuh khususnya dapat memahami dan menghayati ajaran agama Islam secara kaffah dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa melahirkan generasi yang kuat. (Wantri Hardi, S.Pd, KEPALA SDN 50 PAYAKUMBUH)

What do you think?

Written by Julliana Elora

BBPOM Pastikan Tak Ada Bahan Berbahaya

SDN 42 Payakumbuh: Pembelajaran Berdiferensiasi, KSE dan Berpusat ke Murid