in

BBPOM Pastikan Tak Ada Bahan Berbahaya

AMAN: Proses pemeriksaan makanan dan minuman di pasar pabukoan Batusangkar oleh BBPOM di Padang, kemarin.(IST)

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang memastikan tidak ada bahan berbahaya pada makanan di pasar pabukoan Batusangkar.

Hal itu diketahui setelah pemeriksan langsung oleh BBPOM bersama Dinas Kesehatan Tanahdatar terhadap makanan dan minuman di pasar pabukoan Batusangkar, Rabu (29/3).

Kepala BBPOM di Padang diwakili Antoni Yasri, mengatakan, setidaknya pada sidak tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap 15 sampel.

“Ada 15 sampel yang kita ambil, ada dari jenis ikan yang telah digoreng, takjil seperti cendol, buah tap dan pewarna, dan lainnya semuanya terbebas dari bahan berbahaya, seperti boraks dan formalin,” kata dia.

Selain itu, tidak hanya sidak di pasar pabukoan, BBPOM dan Dinkes Tanahdatar juga melakukan pengecekan ke beberapa distributor makanan seperti swalayan di Kecamatan Salimpaung dan Kota Batusangkar.

“Kita apresiasi Pemkab dalam pengawasan makanan. Alhamdulillah berjalan dengan baik, masyarakat kita untuk belanja juga aman,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tanahdatar Yesrita mengatakan, pada sidak tersebut pihaknya telah mendatangi ke pasar bersama pihak terkait seperti Dinas Koperindag, Kejaksaan, Kepolisian, Pol PP dan juga bekerja sama dengan BBPOM di Padang.

Dari beberapa titik yang dikunjungi dinyatakan aman dan bebas dari bahan berbahaya seperti formalin, boraks dan lainnya. “Memang ada beberapa barang kedaluarsa yang ditemukan beberapa swalayan atau minimarket tapi kita sudah edukasi. Alhamdulillah, semuanya dalam kondisi baik,” kata Yesrita.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat Tanahdatar untuk cerdas dalam berbelanja dengan melakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa).

“Kami imbau masyarakat Tanahdatar cerdas memilih makanan, sehingga tidak ada masyarakat kita yang tercemar, dan aman disaat melaksanakan hingga lebaran nantinya,” imbaunya. (stg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gubernur: Alis Marajo Banyak Berjasa

SD Negeri 50 Payakumbuh, Ajang Untuk Melahirkan Generasi Yang Kuat