in

SD Qur’an Ar Risalah Padang, Mambangkik Batang Tarandam

MANDIRI: Para murid SD Qur’an Ar Risalah Padang melakukan shalat berjamaah dalam pelaksanaan Mukhayyam Ke XIV di
lingkungan sekolah mereka.(TIM LAMAN GURU)

“Al-Qur’an Solusi Selamatkan Generasi Sejak Dini”. Demikian tema Mukhayyam SD Qur’an Ar Risalah yang Ke-XIV. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi para peserta untuk mencintai dan selalu dekat dengan Al-Quran.

Dengan selalu membacanya, menghafal dan mentadaburinya serta memuraja’ah (mengulang-ngulang hafalan) juga berusaha untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan mukhayyam Qur’an merupakan kegiatan yang selalu diadakan oleh SD Qur’an Ar Risalah pada setiap tahunnya. Biasanya dilaksanakan pada pertengahan semester 1. Di mana dalam kegiatan ini secara bersama-sama di sekolah mendekatkan dan mendalami Al-Quran.

Mukhayyam Quran ke XIV dilangsungkan sejak tanggal 13-14 November 2023, Sebanyak 182 peserta didik untuk kelas 1 dan 2, lalu di tanggal 15-16 November 2023 untuk kelas 3 dan 4 sebanyak 207 peserta didik, dan terakhir di tanggal 24-25 November 2023 untuk kelas 5 dan 6 dengan jumlah peserta didik sebanyak 184 orang.

Pada tahun ini SD Qur’an Ar Risalah memberikan sesuatu yang berbeda dari Mukhayyam sebelumnya, di mana Mukhayyam yang biasa dilaksanakan pada siang hari, seperti biasa. Namun pada tahun ini peserta didik untuk kelas 5 dan 6 kembali mengikuti mabit perdana di sekolah setelah masa pandemi Covid -19 berlalu.

Dalam rangkaian kegiatan ini diadakan sesi-sesi pada setiap harinya dan diwarnai dengan kegiatan dhuha berjamaah, dan untuk memotivasi atau meningkatkan semangat dalam menghafal, para peserta didik akan diberikan berupa reword sebagai bentuk apresiasi dalam capaian hafalannya.

Pada rangkaian kegiatan untuk peserta didik kelas 1 sampai kelas 4 diadakan pada siang hari saja dari pukul 07.30–15.00 WIB. Sedangkan untuk peserta didik kelas 5 dan 6 diadakan kegiatan mabitnya selama 2 hari 1 malam di sekolah SD Qur’an Ar Risalah.

Mabit merupakan singkatan dari malam bina taqwa. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Mabit adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajjud, dzikir, tadabbur dan tafakkur).

Terkhusus mukhayyam qur’an yang mabit. pada kesempatan kali ini Ustadzah Meri Oktavia, S.Pd selaku Ketua Panitia Mukhayyam Ke-XIV SD Qur’an Ar Risalah menerangkan ada beberapa kegiatan yang dilakukan pada saat mabit yaitu di antaranya ada, tasmi’, talaqqi, tiqrar, setoran hafalan, dhuha berjamaah, al matsurat pagi petang, Qiyamul lail, nobar motivasi Qur’an dan juga ada jalan santai pagi, dengan membawa bendera palestina sebagai bentuk solidaritas kepada saudara seiman dan seagama.

Mengingat kegiatan ini sepenuhnya dilaksanakan di sekolah tanpa adanya dampingan orangtua langsung. Namun di dampingi oleh para ustadz/zah yang siap untuk membimbing para peserta didik yang mengikuti mukhayyam.

Oleh karena itu para siswa/i telah dibekali dengan membawa peralatan mandi hingga tidur sebelum berangkat ke sekolah. Hal ini juga membangun sifat kemandirian dan tanggung jawab terhadap diri sendiri untuk pertumbuhan berkembangan psikologis dan mental dari para peserta didik.

“Dengan adanya kegiatan mukhayyam quran ini, dapat meningkatkan ruhiyyah siswa/i SD Qur’an Ar Risalah akan cinta pada Al Quran. Dan kegiatan ini berharapnya menjadi agenda rutin sekolah sehingga untuk tahun berikutnya bisa diberikan kesempatan juga kepada peserta didik kelas 4 mengikuti Mukhayyam Qur’an mabit di Sekolah,” harap Ustadz Marjoni, S.Pd.I, M.Pd selaku Kepala SD Qur’an Ar Risalah. (Meri Oktavia, S.Pd, GURU SD QUR’AN AR RISALAH, PADANG)

What do you think?

Written by Julliana Elora

UMKM Solok Diberikan NIB

Limapuluh Kota Kaya Cagar Budaya, Tapi Belum Teregistrasi