in

Sebagai Cagar Budaya, Pabrik Indarung I Harus Dilengkapi dengan Museum

Upaya menjadikan Pabrik Indarung I dan PLTA Rasak Bungo sebagai Cagar Budaya Kota ini, sejalan dengan program Pemko Padang dalam pengembangan potensi cagar budaya di dearah timur Kota Padang.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Marshalleh Adzaz, yang mendampingi TACB Provinsi Sumbar dan Kota Padang, Senin (26/9).

Pabrik Indarung I didirikan Belanda pada tahun 1910.Dulunya bernama NV Nederlandsch-Indische Portland Cement Maatschappij atau NIPCM. Sedangkan PLTA Rasak Bungo pada 1908 menjadi satu-satunya sumber energi listrik yang digunakannya untuk membangun Pabrik Indarung I.

“Jadi, Padang itu dikenal tidak hanya sebagai daerah pesisir pantai, tapi banyak lagi potensi yang ada. Makanya ini perlu dikembangkan. Kalau seandainya Pabrik Indarung I dan PLTA Rasak Bungo ditetapkan sebagai Cagar Budaya, maka ini menjadi pelengkap koleksi khasanah bangsa di Kota Padang dan tentunya ini bisa dijadikan sebagai pilihan untuk wisata,” katanya.

Jika dijadikan sebagai pilihan wisata, sebut Adzaz, pihaknya juga akan mengusulkan adanya museum kawasan di Pabrik Indarung 1 ini, supaya keberadaan museum menjadi sarana edukasi bagi generasi muda untuk bisa mengetahui bagaimana proses pembuatan semen di pabrik Indarung 1 ini.

“Artinya, kita akan bisa mengungkit kembali kearifan lokal dan hasil karya tahun-tahun sebelumnya, seperti bangunan-bangunan tua di pesisir pantai yang dulunya dibangun menggunakan semen dari Pabrik Indarung I ini. Jadi, akan ada loncatan yang luar biasa nantinya,” ujar Adzaz.

Sementara itu, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati menyebut, jika sudah menjadi Cagar Budaya, maka PT Semen Padang bersama pihak terkait lainnya akan melakukan revitalisasi terhadap Pabrik Indarung I.

“Kami sudah menyiapkan draft konsepnya dan juga akan bekerja sama dengan konsultan untuk revitalisasinya,” ujar Anita.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ketua APKASI: Pembangunan Sumbar tak Bisa Dilepaskan dari PT Semen Padang

Persigo FC Tumbangkan Angkasa 84 klub 7 – 0