in

Sebanyak 33 ribu warga OKU sudah divaksin pelengkap

Baturaja (ANTARA) – Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyebutkan sebanyak 33 ribu warga daerah itu telah mendapat suntikan vaksinasi COVID-19 pemberian dosis tiga atau pelengkap.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Rabu, mengatakan warga setempat yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 sebanyak 269.955 jiwa mulai dari petugas kesehatan, petugas publik, masyarakat lanjut usia (lansia), masyarakat rentan dan umum serta kalangan remaja.

Dari jumlah tersebut, kata dia, sekitar 13,7 persen atau 33 ribu warga yang tercatat sudah divaksin pelengkap dosis ketiga atau booster.

Menurut Andi, capaian tersebut terbilang masih sangat rendah mengingat saat ini sudah memasuki bulan kedelapan sejak vaksinasi penguat digencarkan di daerah itu.

Rendahnya cakupan vaksinasi tersebut disebabkan karena masih banyak masyarakat yang kurang memahami pentingnya divaksin lengkap hingga dosis ketiga.

Oleh sebab itu, pihaknya menggencarkan sosialisasi tentang pentingnya vaksin COVID-19 penguat guna meningkatkan partisipasi masyarakat agar mau divaksin dosis ketiga untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

“Sosialisasi ini kami lakukan hingga ke desa-desa agar masyarakat teredukasi dan mau divaksin sehingga program tersebut dapat mencapai target sasaran,” ujarnya.

Dalam sosialisasi itu pihaknya juga menyediakan layanan suntik vaksin dosis 1, 2 dan penguat untuk masyarakat yang belum divaksin.

“Melalui upaya ini diharapkan cakupan vaksinasi penguat di OKU dapat mencapai target 100 persen sebelum akhir tahun nanti,” harapnya.

Sementara, berdasarkan data cakupan program vaksinasi di Kabupaten OKU secara keseluruhan mencapai 93,94 persen untuk dosis pertama dari 269.955 target sasaran.

Kemudian, vaksin dosis kedua tercatat 209.079 atau 77,5 persen, sedangkan dosis ketiga baru 13,7 persen atau sebanyak 33 ribu jiwa yang sudah divaksin penguat.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pemkot Palembang tingkatkan pelayanan administrasi kependudukan

Film Japanese Video Museum Internet Viral Facebook Lk21