in

Semen Padang v Perseru Serui 6 – 0: Tatap Babak 8 Besar dengan Rekor Sempurna

Semen Padang sukses menyapu bersih tiga pertandingan babak penyisihan grup E, Piala Presiden 2017 dengan sempurna. Menariknya, pada pertandingan terakhir di Stadion Pamekasan, Madura, kemarin (19/2), Kabau Sirah -julukan Semen Padang- kembali mengamuk dengan melumat Perseru Serui dengan skor 6-0.

Penyerang andalan Kabau Sirah, Marcel Silva Sacramento, sukses menorehkan hattrick masing-masing menit 10, 32 dan 63. Tiga gol lainnya tercipta melalui gol bunuh diri pemain bertahan Perseru Serui, Boma Aime menit 38, Irsyad Maulana menit 49 dan gol penutup melalui tendangan bebas cantik rekrutan anyar, Boas Arturi menit 89.

Keberhasilan menyapu bersih semua pertandingan di babak penyisihan, menempatkan Semen Padang jadi tim kedua di Piala Presiden 2017 yang berhasil mencatatkan poin sempurna di babak penyisihan, yaitu 9. Sebelumnya, pimpinan klasemen grup C, yaitu Persib Bandung yang bermain di markas sendiri juga berhasil menyapu bersih tiga laga babak penyisihan.

Selain mencatatkan hasil sempurna, torehan gol Marcel Silva Sacramento, dkk juga mengkilap. Total Semen Padang sukses menciptakan 12 gol dari tiga laga, tanpa sekalipun gol bersarang di gawang M Ridwan. Hasil tersebut menjadikan Semen Padang sebagai tim terproduktif di babak penyisihan Piala Presiden 2017. 

Pelatih Kepala Semen Padang, Nilmaizar mengatakan, semua ini buah dari tekad timnya yang memang kuat untuk memenangkan pertandingan. Timnya akan berusaha keras untuk masuk ke semifinal.

“Pemain bermain luar biasa. Menang 6-0 bukan berarti Serui tidak bagus. Dengan hasil tiga kemenangan di babak penyisihan, kami optimistis menatap 8 besar,” kata Nilmaizar, beberapa saat setelah pertandingan.

Hanya saja, peramu strategi asal Payakumbuh itu mengingatkan para pemainnya untuk tidak terbawa euforia berlarut-larut.

“Ini belum final, jangan terlalu bereuforia. Tetap rendah hati dan syukuri kemenangan yang sudah diraih. Sekarang saatnya fokus menatap babak 8 besar,” ulas mantan pelatih Timnas Indonesia pada Piala AFF 2012 itu.

Nil mengomentari gol yang diciptakan pemain barunya, Boas Arturi melalui tendangan bebas cantik. Dia mengapresiasi apa yang dilakukan Boas meski tim yang dihadapi adalah mantan klubnya di TSC A 2016 lalu. “Boas luar biasa dan punya skill tendangan bebas. Kami baru mengetahuinya di pertandingan itu,” puji Nil.

Menurut Nil, sejak awal dia sudah tanamkan ke para pemain untuk tidak meremehkan lawan. Menurut Nil, semua tim pantas untuk dihormati. “Hasil ini bukan berarti kami lebih hebat,” sebutnya.

Salah satu kunci kemenangan Semen Padang atas Perseru adalah tak kehilangan fokus. “Fokus dalam bertahan dan menyerang. Butuh transisi dan itu tidak mudah. Butuh fisik teknik dan taktik,” ulasnya.

Khusus untuk Boas, gol tersebut terasa spesial karena sebelum pertandingan dia juga sudah berjanji untuk membuktikan kemampuan saat berhadapan dengan tim asal kampung halamannya itu.

“Saya terharu bisa cetak gol dan terima kasih kepada Tuhan atas gol tersebut. Gol itu saya persembahkan untuk masyarakat Padang. Saya juga menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Serui, kalau gol itu melukai hati masyarakat Serui,” ujar Boas sehabis laga. 

Setelah menyelesaikan seluruh pertandingan babak penyisihan, hari ini (20/2), tim akan langsung bertolak menuju Surabaya dan terus ke Solo pada malamnya untuk persiapan menghadapi babak 8 besar di Stadion Manahan Solo. 

Sementara itu, tuan rumah Grup E, Madura United akhirnya berhak mendampingi Semen Padang di 8 Besar. Gol semata wayang Luis Carlos Jr ke gawang PSCS Cilacap dalam pertandingan kedua kemarin, sudah cukup mengantarkan Madura united ke babak kedua dengan prediket runner up terbaik. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Analisis Ekonomi Efek Permenristekdikti No 20/2017

Pengawasan Umrah Diperketat