in

Sempat tertinggal, Liverpool ungguli Stoke 2-1 di babak pertama

Liverpool, Inggris (ANTARA News) – Liverpool untuk sementara unggul 2-1 atas Stoke City dalam laga pekan ke-18 Liga Utama Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu dini hari WIB.

Keunggulan itu diraih Liverpool berkat gol dari Adam Lallana dan Roberto Firmino yang membalikkan keadaan bagi tuan rumah, setelah lebih dulu tertinggal dari Stoke akibat gol Jonathan Walters.

Jika kedudukan bertahan maka Liverpool akan mengikuti jejak kemenanagan para penghuni empat besar klasemen lainnya dalam rangkaian pertandingan di musim liburan Natal alias Boxing Day kali ini, setelah sebelumnya di laga lain Chelsea menang 3-0 atas Bournemouth, Arsenal 1-0 atas West Bromwich Albion dan Manchester City 3-0 atas Hull City.

Selain itu, Liverpool juga akan kembali ke peringkat kedua klasemen dengan raihan 40 poin.

Liverpool memulai pertandingan dengan keluar menyerang dan menekan tim tamu, namun serangan Sadio Mane dkk belum menunjukkan gejala membahayakan gawang Stoke.

Sebaliknya, Stoke justru berbalik melakukan serangan balasan, dan percobaa pertama mereka berasal dari situasi umpan silang yang gagal diantisipasi sempurna barisan pertahanan Liverpool membuat Erik Pieters memiliki bola di sisi sayap kiri dan melepaskan umpan silang yang berhasil ditanduk Walters ke dalam gawang, demi membawa tim tamu unggul 1-0 pada menit 10.

Bek tengah Dejan Lovren dan penjaga gawang Simon Mignolet bertanggung jawab sama beratnya atas gol tersebut. Lovren terlambat mengawal Walters dan Mignolet gagal mengantisipasi bola tandukan Walters yang sebetulnya tak terlalu berbahaya dan malah menerobos dari ruang sempit di area tiang dekat.

Stoke hampir saja menggandakan keunggulan mereka pada menit 18, memanfaatkan kerapuhan barisan pertahanan tuan rumah, namun Liverpool melakukan penyelamatan ganda, satu dari Mignolet atas percobaan tembakan mantan rekannya, Joe Allen, dan lainnya oleh Ragnar Klavan atas upaya Pieters menyambar bola muntah. 

Lima menit berselang, di ujung lapangan yang lain, Peter Crouch melakukan penyelamatan penting dengan menyapu bola percobaan tembakan Firmino demi menjaga keunggulan timnya untuk sementara.

Di tengah frustrasi yang menjalar di antara para pemain Liverpool, Adam Lallana hadir menjadi penyala cahaya terang dalam upaya tuan rumah mengejar ketertinggalan. Tepat pada menit 34, sebuah umpan panjang berhasil menemui Mane di ruang leluasa di sayap kanan sebelum ia melepaskan umpan tarik kepada Lallana yang harus melakukan dua kali percobaan tembakan demi menyarangkan bola ke dalam gawang dan menyamakan kedudukan 1-1.

Pada menit 38, tendangan keras Firmino menyambut umpan tarik Lallana masih melambung tipis di atas mistar gawang yang dikawal Lee Grant.

Semenit jelang waktu normal babak pertama usai, lewat percobaan ketiganya, Firmino sukses membalikkan keadaan dan membawa Liverpool berbalik unggul 2-1 atas Stoke dengan menyelesaikan bola sodoran James Milner dengan sepakan keras kaki kirinya, yang membuat bola sempat membentur tiang jauh sejenak sebelum bergulir masuk ke dalam gawang.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:
Liverpool (4-3-3): Simon Mignolet (PG); Nathaniel Clyne, Dejan Lovren, Ragnar Klavan, James Milner; Adam Lallana, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Sadio Mane, Divock Origi, Roberto Firmino.
Pelatih: Juergen Klopp.

Stoke City (4-2-3-1): Lee Grant (PG); Glen Johnson, Ryan Shawcross, Bruno Martins Indi, Erik Pieters; Glenn Whelan, Gianelli Imbula; Jonathan Waters, Joe Allen, Mame Biram Diouf; Peter Crouch.
Pelatih: Mark Hughes.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2016

What do you think?

Written by virgo

5 ponsel favorit 2016

Terapis Fisik Sedang Bermain Golf