in

SMA Negeri 2 Payakumbuh, Kampus Flamboyan dengan Segudang Prestasi

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengapresiasi SMA Negeri 2 Payakumbuh sebagai sekolah yang lulusannya terbanyak diterima perguruan tinggi negeri.

SMA Negeri 2 Payakumbuh berlokasi di Bukit Sitabur, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh merupakan satu-satunya SMA di Sumbar yang memiliki kampus yang strategis dan indah.

Kampus yang unik menempati sebagian hamparan dan kaki Bukit Sitabur yang dihiasi oleh pohon-pohon Flamboyan, sehingga warga SMAN 2 Payakumbuh menjulukinya “Kampus Flamboyan “.

Menginjak usia 48 tahun SMAN 2 Payakumbuh terus berkembang ke arah yang lebih baik. Hal ini terlihat dari banyaknya prestasi yang telah dicapai dalam bidang akademik maupun non akademik pada tingkat Kota, Provinsi maupun Nasional.

*Pembangunan infrastruktur sekolah yang memadai dilakukan agar terciptanya lingkungan sekolah yang asri, sejuk dan nyaman sebagai penunjang proses kegiatan belajar-mengajar,” ungkap Kepala SMA Negeri 2 Payakumbuh Drs Dafrimal MSi.

Dafrimal menjelaskan berbagai prestasi akademik dan non akademik yang telah dicapai SMAN 2 Payakumbuh setiap tahunnya. Seperti tahun 2014 mendapat 3 penghargaan tingkat Nasional, pertama “Sekolah Adiwiyata Mandiri” kategori Best Performance dari Presiden RI, kedua “Sekolah Sehat Nasional” dari Menteri Kesehatan dan Pendidikan, ketiga “Sekolah Pengembangan Pendidikan Agama Islam” dari Menteri Agama RI.

Selanjutnya, SMAN 2 Payakumbuh ditunjuk sebagai sekolah rujukan oleh Kementerian Pendidikan Nasional di tahun 2016. Sekolah pelaksana PISA tahun 2002 diselenggarakan oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) bekerja sama dengan beberapa kontraktor, seperti Pearson, ETS, Westat, DIPF, dan ACER untuk menjalankan seluruh proses survei. Bbaru-baru ini memperoleh prestasi Gold Winner Sekolah Inovatif dalam kegiatan Padek-Paragon Go to School 2022.

Kampus Flamboyan memiliki visi berprestasi berlandaskan IMTAQ, terampil dibidang IPTEK, kritis, kreatif, berkebhinekaan global dan mandiri ini memiliki beberapa program unggulan sekolah.

Pertama : program Tahfidz Al-Qur’an yang bertujuan untuk lebih mengenali ayat-ayat suci Alquran, membetulkan bacaan Alquran, dan menjadi penghafal Alquran serta meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap kitab sucinya. Dilaksanakan setiap hari Kamis dan Jum’at setelah tadarus di dalam kelas serta dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang setiap Senin dan Jum’at.

Program kedua yakni pembinaan Olimpiade Sains. Olimpiade Sains diselenggarakan  untuk meningkatkan kemampuan siswa di bidang MIPA, baik dalam bentuk pemahaman maupun analisis dan praktik sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Unsur Pimpinan SMA Negeri 2 Payakumbuh.

Program ketiga berupa pembinaan FLS2N dan O2SN. Pelatihan FLS2N dan O2SN dilaksanakan pada ekstrakurikuler yang terkait dengan cabang yang ada pada lomba ini oleh guru pembina saat pelaksanaan ekstrakurikuler. Selain itu juga diadakan pelatihan dengan badan atau orang yang profesional di bidang lomba pada ajang ini.

Program keempat, penelusuran dan pembinaan minat dan bakat peserta didik melalui ekstrakurikuler, SMAN 2 Payakumbuh yang merekrut peserta didiknya melalui beberapa jalur. Salah satunya adalah jalur prestasi.

Siswa yang dapat menunjukan sertifikat prestasi dan sesuai regulasi Penerimaan Peserta Didik baru dapat bersaing masuk ke SMAN 2 Payakumbuh.

Kelima, Program sukses UTBK, SMA Negeri 2 Payakumbuh membuat suatu program yang dapat mempersiapkan siswa menghadapi ujian masuk perguruan tinggi yang penuh tantangan.

Program tersebut dinamakan Sukses UTBK yang berisi kegiatan pemantapan materi yang diujikan dalam UTBK, try out, dan kegiatan motivasi masuk perguruan tinggi. Kegiatan ini mulai dari semester V atau I siswa kelas XII.

Kegiatan pemantapan materi ini bekerja sama dengan lembaga profesional atau perorangan.
Terakhir, Program Cafladoepa University Fair (CUF). SMA Negeri 2 Payakumbuh setiap tahun memprogramkan kegiatan Cafladoepa University Fair (CUF). Guna memberikan wawasan kepada peserta didik tentang jenis dan spesifikasi perguruan tinggi beserta fakulltas dan jurusannya.

“Ini sebagai usaha memberikan informasi dan profil secara lengkap tentang gambaran masa depan yang akan dimasuki serta kondisi realistis dunia semakin mengglobal secara kompetitif,” kata Dafrimal.(eko)

Publikasi Prestasi SMA Negeri 2 Payakumbuh di Harian Padang Ekspres, 10 Desember 2022.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Joni Mardieson Pimpin PWI Mentawai Periode 2022-2025

Argentina Menang Adu Penalti lawan Belanda, Messi: Maradona Mengawasi Kami