in

Smansa Payakumbuh Tim Basket Pertama Melenggang ke Big Eight DBL Seri Sumbar

Padang, Padek-Tim basket debutan SMAN 1 Payakumbuh (Smansa) putra semakin menunjukan taji mereka sebagai salah satu kuda hitam dalam Honda DBL With Kopi Good Day 2023 West Sumatera Series hari keempat.

Mereka berhasil menumbangkan tim SMAN 12 Padang dengan skor 29-17 di GOR Prayoga Padang, Minggu (30/7/2023). Hasil itu sekaligus membuat mereka menjadi tim putra pertama yang mengamankan tiket Big Eight.

DBL tahun ini semakin seru karena banyak tim-tim kuat siap bersaing di.pertengahan babak. Kekuatan yang merata serta banyaknya bibit-bibit muda basket yang ikut serta semakin menambah nuansa persaingan dalam ajang basket pelajar terakbar tersebut.

Pelatih SMAN 1 Payakumbuh Aga Triskano Mertinaz mengatakan meski memenangkan laga tersebut, tapi dia merasa kurang puas dengan performa timnya karena beberapa faktor di dalam pertandingan.

“Mereka kelihatan sedikit gugup. Namun Alhamdulillah ada dua orang yang performanya masih stabil hingga akhir laga sehingga memacu teman-temannya yang lain untuk bermain lebih bagus dan point bertambah terus,” katanya.

Dia mengatakan masih ada miss di beberapa momentum seperti defense yang harus diperbaiki. Aga mengatakan kecolongan beberapa angka di menit akhir dalam pertandingan melawan SMAN 12 Padang tersebut merupakan suatu hal yang harus diwaspadai.

“Ini harus benar-benar kita benahi karena di pertandingan selanjutnya tentu saja tim-tim kuat yang akan menanti kita dan dipastikan kita akan menemukan lawan yang berat,”ucapnya.

Sementara itu untuk tim basket putra SMAN 12 Padang mengalami kendala dalam stamina dan komunikasi dalam permainan. Hal tersebut disampaikan Sultan Annaf Falih selaku Medical Support tim SMAN 12 Padang.

“Kita terkendala stamina yang sudah habis sejak awal sehingga ke depan harus dilatih kembali dari awal, baik fisik, stamina dan sebagainya untuk dapat memaksimalkan momen pada DBL yang akan datang,” ucapnya.

Sementara itu di laga selanjutnya juga terjadi pertandingan cukup sengit antara tim putra SMAN 6 Padang v SMAN 5 Padang. Pertandingan berakhir dengan skor 16 : 21 untuk kemenangan SMAN 5 Padang.

Asisten Pelatih SMA 5 Padang Ahmad Muhaji mengatakan dua tim telah bermain dengan sangat baik. Namun ada beberapa hal yang belum maksimal dilakukan oleh timnya.

“Demikian kita akan memaksimalkan untuk permainan selanjutnya. Dari catatan yang kita lihat dari pertandingan hari ini ada beberapa kesalahan di komunikasi sehingga sedikit menganggu performa permainan,” ungkapnya.

Rafii mengatakan hal tersebut akan menjadi PR bagi timnya dan akan diperbaiki demi laga selanjutnya pada ajang Honda DBL With Kopi Good Day 2023 West Sumatera Series.

Sementara itu Manager Tim SMAN 6 Padang Andi mengatakan timnya menjalankan instruksi yang diberikan oleh coach selama pertandingan. Hal tersebut dibuktikan dengan kemenangan yang tidak mudah didapatkan.

“Meski demikian, pemain mengalami grogi karena mayoritas mereka adalah pemain baru yang belum mencoba DBL sebelumnya.  Meski demikian seperti nama series DBL kita development pemain melalui laga ini sehingga terbentuk mental dan semangat mereka demi lebih baik ke depannya,” ucapnya.

Selain itu di laga putra juga tersaji pertarungan seru antara SMAN 1 Solok melawan SMAN 14 Padang. Pada quarter awal kedua tim saling melancarkan serangan namun di pertengahan quarter SMAN 1 Solok berhasil mendominasi pertandingan hingga laga usai sehingga berhasil menaklukan SMAN 14 Padang dengan skor mencolok 32-26.

Lalu di laga akhir tim putra SMA Kartika 1-5 harus dipaksa mengakui kekuatan SMAN 9 Padang dengan skor 22-10. Pada laga tersebut juga terjadi pertarungan yang sengit dan seru  untuk disaksikan.

Laga Tim Putri

Selain itu di laga tim putri tersaji dua pertandingan menegangkan antara SMAN 1 Padang melawan SMAN10 Padang.  Pertandingan berlangsung sangat ketat dan sempat terjadi kejar-kejaran skor. Di akhir laga SMAN 1 Padang menjadi pemenang usai menumbangkan SMAN 10 Padang dengan skor 18-16.

Pelatih SMAN 1 Padang Akhiro Murio mengatakan mentalitas pemain mempengaruhi kualitas pertandingan. “Kita ingatkan kembali tugas dan fungsi mereka, diawal karena beban mental sehingga instruksi yang disampaikan pelatih tidak jalan. Setelah dua quarter pertandingan barulah mereka bisa beradaptasi hingga berhasil come back di quarter tiga dan empat,” ucapnya.

Sementara itu pelatih SMAN 10 Padang Atiffan Ramadhiat mengatakan di quarter empat banyak pemainnya yang cedera sehingga sangat berdampak kepada permainan mereka secara keseluruhan.

“Ditambah instruksi di.quarter empat tidak berjalan menyebabkan permainan berubah dari babak awal. Ke.depannya karena mayoritas mereka adalah pemain baru ini akan menjadi pengalaman bagi mereka untuk lebih matang,”.ucapnya.

Di laga tim putri lainnya SMAN 7 Padang dibungkam SMAN 2 Padang dengan skor 14-22. Pada laga tersebut pelatih SMAN 2 Padang Empie Murino mengatakan lawan yang dia hadapi cukup semangat dan atraktif sehingga sempat menyulitkan timnya di babak awal pertandingan.

“Sempat di quarter tiga kita stuck menambah poin karena permainan bagus dari tim SMAN 7 Padang yang sempat membuat pemain kehilangan akal. Namun di quarter empat, kami berhasil bangkit dan kembali fokus sehingga dapat memenangkan laga,”.ucapnya.

Empie mengatakan sangat puas dengan permainan timnya meski mayoritas mereka perdana bertanding di DBL.

Sementara itu tim SMAN 7 Padang merasa pertandingan melawan SMAN 2 Padang merupakan pertandingan seru dan menyenangkan. Asisten pelatih Agil Windyan Zakirman mengatakan dari hasil tadi timnya akan berbenah serta demi performa yang lebih baik di tahun berikutnya.

Untuk informasi terupdate dan terpercaya Honda DBL With Kopi Good Day 2023 West Sumatera Series dapat diakses melalui DBL Play, Padek.co serta koran Padang Ekspres setiap harinya.(y )

What do you think?

Written by Julliana Elora

Akibat Endapan Lumpur di Muaro Padang, Mentawai Fast Gagal Berlayar, Penumpang Kecewa

Dua Tim MA Ar-Risalah Tampil Dominan di Pond’s Men 3×3 Competition 2023