in

SMKN 07 Sijunjung Optimis Hadapi LSS

Dalam rangka menghadapi Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Kabupaten Sijunjung, SMKN 07 Sijunjung terus lakukan pembenahan diikuti program-program spesifik. Bahkan pihak sekolah memasang target menjadi Sekolah Lingkungan Wiyata Mandala.

Kepala SMKN 07 Sijunjung, Suramto didampingi Tim LSS Parno mengatakan, pihaknya sedang berjuang keras melakukan berbagai pembenahan, baik secara fisik maupun nonfisik. Alhasil tahap demi tahap kesadaran civitas sekolah akan pentingnya budaya sehat kian membaik. 

Termasuk merangkul kalangan pedagang di sekitar lingkungan kampus agar lebih mengutamakan menjual jajanan sehat.
“Berdasarkan programnya, sebenarnya sekolah mau mengikuti lomba sekolah sehat tahun 2019, namun akhirnya dikembangkan untuk segera punya ikon sendiri. Lebih dari sekadar ikut lomba, dengan sasaran meraih juara,” beber Suramto.

Pembenahan suda dimulai dari kebersihan lingkungan pekarangan, gedung sekolah, ruangan lokal, serta diperkuat dengan penanaman budaya hidup bersih dan sehat di kalangan siswa hingga guru. Bagi siswa yang kedapatan membuang sampah sembarang tempat didenda.

Lebih lanjut disebutkan, kepala sekolah yang pernah membawa SMPN 18 Sijunjung menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat nasional tahun 2015 ini, optimistis bisa meraih target juara. “Tidak ada yang mustahil. Setelah dibuat perencanaan, mesti diikuti kerja keras dan kesungguhan  hati.

Ditambahkan Parno, peningkatan mutu dan kualitas sekolah sesungguhnya menjadi tujuan utama yang ingin dicapai SMK 07 Sijunjung. Untuk mewujudkannya lantas dilahirkan gerakan Penataan Wiyata Mandala SMKN 7 Sijunjung, serta sekaligus memanfaatkan momen LSS. 

“Kita terus berupaya mensinergikan seluruh komponen di lingkungan sekolah, baik secara SDM, material dan lain sebagainya. Selaras dengan amanat UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” beber Parno.

Kini kondisi SMKN 07 Sijunjung sudah jauh terlihat lebih tertata rapi, asri dan sehat, serta juga di beberapa titik strategis terdapat pohon pelindung dan tanaman hias. Di bagian depan sekolah dipasang papan pemberitahuan agar semua pihak menjaga kebersihan lingkungan dan mengedepankan pola hidup sehat. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Butuh Pabrik Pengolahan Pepaya

Menyorot Pelayanan Kelurahan Kotolalang