in

SMP 9 Bukittinggi Dibangun di Talao

BUKITTINGGI,METRO – Melihat semakin banyaknya jumlah siswa tamatan SD yang akan melanjutkan sekolah ke tingkat SMP, Pemerintah Kota Bukittinggi berencana bakal menambah satu sekolah lagi yakni SMP Negeri 9. Mengingat hingga saat ini baru ada 8 SMP Negeri yang dinilai beberapa tahun mendatang mungkin tidak dapat lagi menampung para calon siswa tamatan SD.

Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias, menjelaskan, sekolah tambahan SMP Negeri 9 ini bakal didirikan di daerah Talao Kelurahan Campago Guguak Bulek Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), yang saat ini masih dalam tahap perencanaan.

”Pada tahun 2020 mendatang sudah sepatutnya ditingkatkan fasilitas pendidikan, kita akan bangun satu SMP lagi di Bukittinggi yakni SMP Negeri 9, mengingat di Kecamatan MKS hanya ada satu SMP yakni SMP Negeri 5,” sebutnya.

Menurut M Ramlan Nurmatias, pada tahun-tahun mendatang tidak mungkin lagi siswa yang tinggal pada Kecamatan MKS tertampung hanya pada satu SMP Negeri 5 sekarang saja, apalagi mulai tahun ajaran 2019/2019 ini diberlakukan sistem zonasi atau berdsarkan alamat tempat tinggal dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

”Jadi nantinya SMP Negeri 9 ini dibangun untuk dapat menampung siswa yang bertempat tinggal di Kecamatan MKS. Sehingga untuk pergi ke sekolah siswa tidak perlu jauh-jauh lagi, dan ini juga akan menghemat biaya transportasi mereka,” ungkapnya.

M Ramlan Nurmatias, ada 9 Kelurahan yang masuk wilayah Kecamatan MKS, dan SMP Negeri 9 itu nantinya bakal dapat menampung siswa yang dekat dengan lokasi pembangunan di Talao, meliputi Kelurahan Campago Guguak Bulek, Garegeh, Koto Salayan, Pulai AnaAir, dan Kelurahan Manggis Gantiang. ”SMP Negeri 9 yang akan dibangun di tahun 2020 itu, luas lahannya 3.000 meter persegi, dengan memanfaatkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bukittinggi,” terangnya.

Namun demikian sambung M. Ramlan Nurmatias, dalam PPDB tahun ajaran 2019/2020 untuk tingkat SMP, dipastikan 8 SMP Negeri yang ada masih dapat menampung semua siswa tamatan SD, sesuai dengan jumlah rombongan belajar (Rombel) yang tersedia. (u)


What do you think?

Written by virgo

Anak Main Korek Api, Ruko Terbakar

Pertunjukan sirkus dari Taiwan