in

SMP Negeri 5 Padang, Gelar Juara Yang Membanggakan

DUKUNGAN : Wali Kota Padang, Hendri Septa didampingi Kepala SMPN 5 Padang, Junaidi serta jajara guru terlihat akrab bersama para siswi SMPN 5 Padang.(IST)

Lomba video mars Tangguh antar SMP se-Kota Padang yang dilaksanakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang beberapa waktu lalu, menjadi momen yang tidak bisa dilupakan oleh SMPN 5 Padang.

Di mana pada kesempatan itu, SMPN 5 Padang berhasil mengukuhkan diri sebagai juara pertama pada lomba tersebut. Dalam kegiatan tersebut, juara kedua diraih oleh SMP Negeri 20 Padang dan juara ketiga diraih SMP Negeri 7 Padang.

Hadiah lomba video mars tangguh ini diserahkan langsung oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa, pada peringatan hari kesiapsiagaan bencana Kota Padang di tugu gempa, Taman Melati Kota Padang pada Minggu 30 September 2023.

Ketiga pemenang memperoleh piagam penghargaan dan uang tunai sebesar Rp 1.500.000 untuk juara pertama, Rp 1.000.000 untuk juara kedua, dan Rp 500.000 untuk juara ketiga.

SMP Negeri 5 Padang sebagai peraih juara pertama dalam lomba video mars Tangguh antar SMP se-Kota Padang di samping memperoleh hadiah, juga dapat kehormatan dari panitia untuk tampil langsung menyanyikan lagu mars Tangguh di hadapan Wali Kota Padang dan para tamu undangan.

Dua puluh orang siswa SMP Negeri 5 Padang yang menyanyikan lagu mars Tangguh tersebut mendapat apresiasi dari Wali Kota Padang. Beliau berharap lagu mars Tangguh tersebut juga dihafal dan dihayati oleh banyak siswa di Kota Padang.

Hari kesiapsiagaan bencana Kota Padang diperingati setiap tahunnya bertepatan dengan peristiwa gempa dahsyat yang pernah mengguncang Kota Padang pada 30 September 2009.

Gempa berkekuatan 7,6 skala richter tersebut telah merenggut banyak nyawa dan telah meruntuhkan banyak bangunan atau telah menimbulkan banyak korban jiwa dan materi. Peristiwa tersebut telah meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat Kota Padang.

Karena itulah peristiwa tersebut terus diperingati dan dikenang agar menjadi pelajaran sekaligus agar kita selalu waspada dan siaga terhadap bencana. Bagi SMP Negeri 5 Padang, juara video mars Tangguh yang juga merupakan bagian dari lomba vocal grup ini bukanlah kali pertama.

Di bawah bimbingan guru-guru mata pelajaran seni budaya yang hebat dan berdedikasi tinggi, mereka telah menorehkan banyak prestasi dalam bidang seni suara dan seni tari. Tidak saja di tingkat Kota Padang, namun juga di tingkat provinsi Sumatera Barat.

Selain itu, SMP Negeri 5 Padang juga memiliki grup nasyid yang sudah sering memenangi berbagai iven perlombaan di berbagai tempat. Karena itu pula ia juga sering diundang mengisi berbagai kegiatan, baik off air ataupun on air di televisi.(Indah Komala Sari, GURU SMPN 5 PADANG)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Yusli Mardan: Semangat Gotong Royong Perlu Dipupuk dan Dibangkitkan Kembali

SMPN 13 Padang: Identitas Budaya Minangkabau Via Pendidikan, Sebagai Mata Pelajaran