in

Sudah 2.000 Warga Sijunjung Ikuti Pool Test Swab

Memastikan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sijunjung, Dinas Kesehatan mengadakan pool test swab di Puskesmas Sungai Lansek, Selasa (23/6/2020).

Kepala Dinas Kesehatan, Ezwandra, menjelaskan test swab untuk memastikan Kabupaten Sijunjung bebas dari Covid-19. Sebagai langkah pemerintah menekan laju pertumbuhan Covid-19 di Kabupaten Sijunjung.

“Selain dengan test swab Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung juga melakukan inovasi dengan menetapkan pembina wilayah yang terdiri dari Kepala Dinas, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan Kasubag sebagai penanggungjawabnya, manajemen ini saya rasa sangat efektif dalam mengontrol perkembangan Covid-19 di Kabupaten Sijunjung,” tegas Ezwandra.

Terkait anggaran pool tes swab, menurutnya berasal dari APBD Provinsi. “Kita sangat bersyukur sekali dengan bantuan provinsi. Pemeriksaan PCR saja, biaya yang ditimbulkan untuk 1.662 masyarakat itu  anggarannya Rp2,9 miliar. Itu bukan hanya pemeriksaan PCR saja, kita juga dibantu APD dari provinsi,” ungkapnya.

Untuk total keseluruhan masyarakat Sijunjung yang sudah melakukan pool test swab, katanya mencapai 2.200 orang atau 1% dari jumlah penduduk di Kabupaten Sijunjung.

Sijunjung termasuk salah satu kabupaten yang tertinggi tingkat pemeriksaannya. Sedangkan yang menjadi sasaran yaitu masyarakat berumur di atas 40 tahun dan beraktivitas sering keluar masuk dan bersedia di-swab dari Kabupaten Sijunjung.

“Untuk jumlah masyarakat yang kita targetkan ikut pool test sebanyak 565 orang berasal dari wilayah kerja Puskesmas Sungai Lansek, Puskesmas Kamang, Puskesmas Aia Amo dan Puskesmas Tanjung Gadang,” lanjutnya.(rel/hsn)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Titik Rawan Macet dan Kriminalitas di Kota Padang segera Dipasang CCTV

Badut sulap gunakan pelindung wajah