in

Suryanto: Orangtua Banyak Tidak Bisa Menginput Data PPDB

Puluhan orangtua datang secara bergelombang menggeruduk Kantor Dinas Pendidikan Sumbar di Jalan Sudirman Padang, Senin (6/7/2020). Mereka mempertanyakan kenapa anaknya tidak diterima di SMA/SMK setelah mendaftar di website ppdbsumbar2020.id.

“Saya meminta kejelasan dari Dinas Pendidikan Sumbar bagaimana anak saya tidak dapat diterima di SMA 4 Padang. Dari jarak zonasi saja rumah saya ke SMA 4 Padang tidak lebih dari 1 km. Sedangkan nilai rata-rata anak saya bernilai 90. Anak yang berasal dari Alang Laweh dan Aur Duri diterima,” ujar Anto kepada padek.co

Anto menjelaskan kedatangannya ke Dinas Pendidikan itu tidak mendapat jawaban yang sempurna dari petugas.

“Kami hanya diberikan jawaban untuk bisa menunggu hingga besok. Tentu jawaban ini tidak memuaskan. Jika tidak juga tuntas soal PPDB online ini, maka kami akan mengadu ke DPRD Sumbar,” ujarnya.

Ditemui di sela-sela aksi orang tua itu, Kabid Pendidikan SMA Disdik Sumbar, Suryanto SPd MPd, menyatakan banyak orang tua yang tidak menguasai penginputan secara online.

“Pada saat ini, jujur, masyarakat belum bisa menginput secara daring. Contoh, ada yang ke sini datang. Dari Jati ke SMA 10 Padang, jaraknya 364 meter. Di komputer itu kan koma itu (dibaca) titik. Akhirnya terbuat 364 kilometer, alhasil anaknya tidak bisa diterima di SMA 10,” ujar Suryanto.

Lebih lanjut, Ketua PPDB SMA itu meminta para orang tua peserta didik memperbaiki data di sekolah saja dengan memanfaat data perubahan di ppdbsumbar2020.id.

“Di sekolah telah ada petugas operator yang bisa membantu memperbaiki dalam pengisian PPDB. Perbaikan ini dibuka selama dua hari, mulai hari Senin hingga Selasa 7 Juli 2020,” jelasnya.

Selanjutnya Suryanto menjelaskan saat ini PPDB SMA/SMK Sumbar telah menerima siswa 72.682 calon peserta didik sejak dibuka 29 Juni 2020.

“Tadi pagi saya cek 72.682 calon peserta didik yang telah mendaftar, yang terdiri dari 25.326 calon peserta didik SMA dan 47.356 calon peserta didik SMK,” bebernya.

Suryanto menjelaskan daya tampung calon peserta didik SMK yaitu 32.508 orang, sedangkan daya tampung calon peserta didik SMA yaitu 54.755 orang. (hsn)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mau Bantuan Modal? Ayo Ikut PK Pinky Movement Pertamina

Murid dan Siswa di Pariaman kembali Sekolah Tatap Muka Senin Depan