in

Sutan Riska Resmikan Pasar Mayang Taurai Senilai Rp1,2 Miliar

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, meresmikan Pasar Mayang Taurai di Nagari Koto Gadang Kecamatan Koto Besar, Selasa (7/7/2020). Peresmian dilakukan di area pasar dan disaksikan pedagang dan masyarakat sekitar.

Pasar Mayang Taurai, sebut bupati, dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp1,2 miliar lebih, yang diarahkan untuk pembangunan 2 unit los.

“Dengan kondisi pasar yang sudah semakin baik ini, para pedagang saya minta agar menjaga hygienis barang dagangannya. Itu penting agar animo masyarakat semakin meningkat,” ujar bupati.

Dikatakan bupati, pembangunan pasar rakyat ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat nagari pada umumnya. Maka dari itu, sejak masa pemerintahan dirinya bersama Wakil Bupati, H. Amrizal Dt Rajo Medan, melakukan revitalisasi terhadap 19 pasar rakyat dari 37 pasar yang ada di seluruh kecamatan.

Tahun 2016 sampai 2020, imbuh bupati, pembangunan infrastruktur pasar dilakukan dengan menggunakan dana pusat. Di antaranya dari DAK dan Dana Tugas Perbantuan Kementerian Perdagangan dengan total Rp17,5 miliar lebih. Kemudian ditambah dengan dana APBD senilai Rp2,1 miliar.

“Membangun pasar ini perlu perjuangan yang cukup berat. Karena keterbatasan APBD kita, sehingga kita bersaing dengan daerah lain di Indonesia untuk mendapatkan anggaran pusat. Alhamdulillah, dengan perjuangan pemerintah daerah melalui Dinas Kumperdag, anggaran pusat itu dapat kita raih demi pembangunan infrastruktur pasar di daerah kita ini,” ungkap bupati.

Kemudian, dalam rangka perlindungan terhadap konsumen, terutama terhadap kebenaran hasil pengukuran timbangan, imbuh bupati, Pemkab Dharmasraya juga telah mengalokasikan dana Rp3,4 miliar untuk pengembangan Unit Metrologi Legal.

Besar harapan bupati kepada wali nagari dan pengelola pasar untuk memelihara bangunan pasar tersebut dengan baik. (ita)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Yang Ingin Keluar-Masuk Mentawai Wajib Kantongi Hasil Swab atau Rapid Test

Tambah 5 Penumpang, “Gerbong Covid” Positif 780 Orang