in

Tahun Baru Islam, Momentum Untuk Berubah!

SIRAMAN ROHANI:
Para siswa SMPN 1 Kecamatan
Payakumbuh ketika mengikuti peringatan tahun baru Islam 1
Muharam 1444 Hijriah yang dilaksanakan di lapangan sekolah.(IST)

Tepatnya pada Jumat, 29 Juli 2022 UPTD SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah.

Acara ini dilaksanakan di lapangan sekolah setelah kegiatan rutin muhadharah diangkatkan. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas VII, VIII dan IX dan seluruh majelis guru serta tenaga pendidikan UPTD SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Kepala UPTD SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh, Ahmad Guntur, S.Pd menyampaikan bahwa Peringatan Tahun Baru Islam ini bertujuan agar semua siswa dapat menjadikan momentum ini sebagai proses untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik.

Selain itu, Beliau juga mengiimbau agar seluruh siswa mengetahui hari-hari besar agama kita. Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan wawasan, sekolah juga mengundang Ustad Rian Hidayat, S.Pd untuk memberikan siraman rohani kepada seluruh peserta.

Beliau mengingatkan kembali bahwa Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram membawa ingatan kita keribuan tahun silam. Sosok manusia agung yang Allah hadirkan ke dunia membawa cahaya menerangi kehidupan, yaitu Rasullullah S.A.W.

Beratnya cobaan yang ditimpakan oleh kaumnya kepada beliau dan pengikutnya, sehingga beliau dan pengikutnya tidak mampu lagi menjalankan syariat Islam dengan tenang dan tentram.

Maka, turun perintah Allah untuk Hijrah ke tempat yang lebih kondusif yaitu Yastrib, yang kemudian berubah nama menjadi Madinah. Meninggalkan kerabat, saudara harta benda demi melanjutkan risalah dakwah. Momentum inilah yang di jadikan sebagai Tahun Baru Hijriah.

Namun, sejatinya makna hijrah bukan hanya sekedar berpindah tempat, tapi juga merupakan komitmen kita untuk berubah ke arah yang lebih baik lagi. Beliau juga menceritakan kisah-kisah para nabi dan sahabat agar peserta dapat mengikat makna dalam kisah tersebut.

Peserta tampak antusias dalam mengikuti siraman rohani ini, sekali-kali ditingkahi dengan gelak tawa para peserta. Lebih lanjut beliau juga mengajak semua siswa untuk dapat menghadirkan nilai-nilai islam lebih baik lagi dalam kehidupan.

Selalu menjadi pribadi yang jujur dan gemar melakukan perbaikan karena bangsa ini butuh orang-orang baik yang peduli dengan sesama dan mampu memajukan Indonesia. Hijrah dalam arti kata meningkatkan kualitas diri di hadapan Allah.

Harapannya dengan diadakannya perayaan tahun baru islam ini menjadikan setiap siswa muslim mengingat tahun islam dan mengingatkan siswa pada perjuangan Nabi Muhammad S.A.W dan para sahabat Hijrah dari Mekah ke Madinah, dalam rangka menegakkan risalah dakwah.

Semoga momentum ini juga dapat menjadikan siswa bersama-sama bertekad berubah ke arah yang lebih baik lagi dan berakhlak mulia. Bulan Muharam telah datang, menandakan sudah berlalu 1 tahun pula jatah dan kesempatan kita hidup di dunia.

Tahun baru sudah dimulai, lembaran baru sudah dibuka dengan harapan kita semua dapat menyonsongnya dengan semangat baru menuju ke arah yang lebih baik. (***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gugatan Perades Desa Tlogorejo di PTUN, Masih Pemeriksaan Berkas Tahap 2

Tak Minder!! Poni Pratama, Disabilitas Aktif di Bamus Nagari Sitapa!