in

Tampung Aspirasi, Darizal Basir Kunjungi Masyarakat Bayang Utara

Anggota Komisi I DPR RI, Darizal Basir, saat menyampaikan sambutan di hadapan masyarakat saat menggelar reses masa sidang II tahun 2022/2023 di ruang UDKP kantor Camat IV Nagari Bayang Utara, Senin (19/12).(IST)

Anggota Komisi I DPR RI Dapil Sumatera Barat I, Darizal Basir, kunjungi masyarakat Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Senin (19/12). Kunjungan dalam rangka reses masa persidangan II tahun 2022/2023 itu, Darizal Basir, didampingi istri Ny Hilda Fitri Ayu, dan Tenaga Ahli (TA) Suherman.

Dalam kesempatan itu dia melakukan dialog dengan tokoh masyarakat, pemuda, ninik mamak, bondo kanduang, anggota Bamus, serta para wali nagari se Kecamatan IV Nagari Bayang Utara. Kegiatan yang digelar di ruang UDKP itu, juga dihadiri Camat IV Nagari Bayang Utara, Reflizal.

Darizal Basir, dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua yang hadir, dan menjelaskan bahwa kunjungan reses itu adalah dalam rangka menampung langsung berbagai aspirasi dari masyarakat terkait berbagai program pembangunan yang akan dilakukan ke depan. Tentunya sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki oleh daerah.

“Selain menampung aspirasi, melalui kegiatan ini saya juga bisa menyampaikan dan mensosialisasikan berbagai program pemerintah. Terutama dari sejumlah Kementerian yang menjadi mitra kerja Komisi I DPR RI,” kata Anggota Fraksi Demokrat itu.

Adapun mitra kerja Komisi I DPR RI kata Darizal, diantaranya, Kementerian Pertahanan, (Kemenhan), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Badan Keamanan Laut (Bakamla), dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Disampaikan Darizal bahwa sebagai wakil rakyat dari Dapil I Sumbar, dia akan berupaya untuk memperjuangkan berbagai program yang ada pada beberapa kementerian yang menjadi mitra Komisi I DPR RI tersebut.

“Dalil I Sumbar yang terdiri dari 11 kabupaten/kota itu diantaranya, Pessel, Kota Padang, Mentawai, Solok Selatan, Kabupaten Solok, Kota Solok, Sijunjung, Dharmasraya, Tanah Datar, Sawah Lunto, dan Padang Panjang,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa silaturahmi melalui reses yang dia lakukan dengan masyarakat IV Nagari Bayang Utara itu merupakan masa reses ke enam atau terakhir di tahun 2022.

“Melalui kegiatan ini maka hak masyarakat untuk menyampaikan aspirasi bisa dilakukan terhadap wakil nya, baik di tingkat daerah, provinsi, maupun pusat. Aspirasi ini akan kita perjuangkan. Karena saya wakil rakyat di pusat, maka aspirasi akan saya sampaikan pula di tingkat nasional, sebagaimana yang sudah saya lakukan terhadap jalan tembus Bayang-Alahan Panjang yang sudah terkabul saat ini, dan masih dalam masa pembangunan,” ujarnya.

Dengan sudah ditetapkannya jalan Bayang-Alahan Panjang sebagai jalan provinsi, dia berharap ini juga diperjuangkan oleh wakil rakyat di tingkat provinsi. “Sebab jalan Bayang -Alahan Panjang sudah merupakan kebutuhan dalam mendorong percepatan pembangunan perekonomian masyarakat, serta juga menghubungkan dua daerah dengan berbagai potensi dan sumber daya alam yang dimiliki,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu dia juga menjelaskan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan partai politik peserta Pemilu pada 2024 nanti. “Karena ini merupakan pesta rakyat dalam memilih pemimpin lima tahun ke depan, maka kepada masyarakat saya minta agar cerdas dalam menentukan sikapnya dalam menjatuhkan pilihan nanti,” ingatnya.

Camat IV Nagari Bayang Utara, Reflizal, dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih karena mendapat kunjungan dari Anggota Komisi I DPR RI, Darizal Basir, sebab berbagai aspirasi yang dirasakan oleh masyarakat bisa disampaikan secara langsung untuk diperjuangkan ke pusat.

“Dari itu saya berharap kepada semua yang hadir, baik para ninik mamak, tokoh masyarakat, pemuda, dan juga enam orang wali nagari yang hadir dapat menyampaikan berbagai usulan untuk pembangunan nagari ke depan di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara ini,” ujarnya.

Sebab keterbatasan kemampuan keuangan daerah, perhatian pusat sangat diharapkan agar pembangunan bisa dilakukan secara maksimal, sebagaimana telah dilakukan terhadap pembangunan jalan tembus Bayang-Alahan Panjang, yang menghubungkan dua kabupaten, yakni Pessel dan Kabupaten Solok.

“Salah satu aspirasi masyarakat di kecamatan ini untuk diperjuangkan adalah bagaimana ke depan di kecamatan ini berdiri kantor Polsek, kantor Koramil, dan juga Kantor Pos. Sebab keberadaan beberapa kantor pelayanan masyarakat itu sangat membantu masyarakat dalam melakukan berbagai urusan, yang tentunya akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat kerena masyarakat nantinya tidak lagi mengeluarkan biaya yang tinggi bila akan berurusan di beberapa kantor itu nanti,” ucapnya.

Tokoh masyarakat Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Fahrial Amir,
dalam kesempatan itu juga menyampaikan syukur atas kunjungan Anggota Komisi I DPR RI, Darizal Basir tersebut.

“Kunjungan ini memang sudah lama dinantikan oleh masyarakat IV Nagari Bayang Utara, sehingga melalui kunjungan ini saya atas nama tokoh masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih,” ujarnya.

Dia mengakui bahwa selama tiga periode menjadi Anggota DPR RI, Darizal Basir memang sudah banyak berbuat bagi masyarakat Pessel, termasuk juga masyarakat IV Nagari Bayang Utara.

“Berdasarkan hal itu, sehingga sangat selayaknya masyarakat IV Nagari Bayang Utara memberikan dukungan terhadap berbagai program pembangunan yang sudah, dan yang akan dilakukan ke depan di kecamatan ini,” ucapnya.

Wali Nagari Puluik Puluik Selatan, Syafrijal, dalam kesempatan itu berharap pembangunan ruas Jalan Cania Bayang agar dituntaskan, termasuk juga jalan dua jalur Painan-Sago pada beberapa titik yang belum selesai pengaspalannya.

“Akibatnya sering mengundang kecelakaan. Karena merupakan ruas jalan nasional, sehingga kami berharap ini bisa diperjuangkan di pusat untuk dituntaskan pembangunannya,” harap Syafrijal. (yon)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bus Rombongan Unri Tabrak Beruntun Empat Mobil, 33 Penumpang Luka-luka

Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka