in

Tanda-Tanda Astronomi dari Malam Lailatulqadar

PROHABA.COMalam Lailatulqadar adalah malam yang istimewa pada 10 hari terakhir di setiap bulan Ramadhan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim.

Lantas, adakah tanda-tanda astronomi dari malam spesial ini? Pembimbing dan Pendamping Forum Kajian Ilmu Falak (FKIF) Gombong dan Majelis Kajian Ilmu Falak (MKF) Kebumen, Jawa Tengah, Marufin Sudibyo, mengatakan setiap Ramadhan, terselip malam kemuliaan yang disebut Lailatulqadar.

“Kembali ke definisi agama, malam Lailatulqadar adalah malam kemuliaan atau malam yang lebih baik daripada malam seribu bulan,” kata Marufin kepada Kompas.com, Kamis (15/4/2021).

Menurut Marufin, berdasarkan definisi ini memang ada ciri-ciri yang sifatnya khusus, yakni malam itu adalah malam yang tenang serta malam itu tidak berhiaskan cahaya bulan dan benda-benda langit yang lain.

“Jadi, malam itu betul- betul tenang dan betul- betul meresap ke dalam hati,” ujarnya.

Malam Lailatulqadar di bulan Ramadhan, di dalam Alquran dinyatakan bahwa sehari setara dengan seribu malam yang tercantum dalam Surah Al-Hall ayat 47.

Serta, sehari setara juga dengan 50.000 tahun yang tertuang dalam Alquran Surah Al Maarij ayat 4.

Baca juga: Indonesia dan ASEAN Kawasan Rawan Kondisi Buruk Covid-19

Lantas, bagaimana ciri-ciri astronomi atau tanda-tanda malam Lailatulqadar? Menjawab persoalan tersebut, Astronom Amatir Indonesia ini menegaskan bahwa kalau tanda astronomis malam Lailatulqadar itu sebenarnya hingga saat ini kecuali yang disebutkan di atas, tidak begitu dapat dijelaskan, baik di dalam Alquran maupun dalam Islam dan ilmu astronomi.

“Kalau tanda astronomis itu nyaris tidak ada ya, karena ini sifatnya lebih ke metafisis,” tuturnya.

“Kalau kemudian ditanya apakah ada bintang atau tanda tertentu yang bisa memberikan petunjuk, itu tidak diketahui hingga saat ini,” imbuhnya.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Warga Beutong Ateuh Kritis Digigit Ular

Presiden Jokowi Kecam Aksi Pengusiran dan Kekerasan Israel terhadap Warga Palestina