in

Tekan Penyebaran Covid-19, Bangun Posko Dekat Pasar

Muaraenim, BP–Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Muaraenim mendirikan posko pengendalian dan pencegahan Covid-19 dipusat keramaian tepatnya di Pasar Inpres, Kota Muaraenim. Posko tersebut diresmikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muaraenim Ir H Hasanudin MSi, Kamis (16/7).
Hasanudin mengatakan, tingginya tren kasus posisif Covid-19 di wilayah Kabupaten Muaraenim mengharuskan pemerintah setempat menggencarkan sosialisasi protokol kesehatan. “Hadirnya posko ini untuk lebih mengintensifkan sosialisasi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Sekda.
Menurutnya, saat ini angka penyebaran Covid19 di Kabupaten Muaraenim masih menunjukkan tren meningkat. Sampai 15 Juli, tercatat pasien yang positif covid berjumlah 102 orang dan 3 diantaranya meninggal dunia. “Bahkan angka ini masih berkemungkinan untuk meningkat sebab sampel swab yang dikirim masih cukup banyak, hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan,”ungkap Sekda.
Lanjutnya, mengenai Pasar Inpres Muaraenim dipilih sebagai lokasi posko karena pasar merupakan pusat keramaian yang sangat berpotensi untuk menjadi daerah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Muaraenim yang menjadi zona merah bersama Kecamatan Lawang Kidul.
Dikatakannya, salah satu penyebab masih tingginya angka penularan Covid-19 disebabkan oleh masih rendahnya kepedulian masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan terutama protokol 3 M (menggunakan masker,mencuci tangan dan menjaga jarak) serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat. “Pembentukan posko ini merupakan tindak lanjut dari rapat terakhir gugus tugas Covid-19 dan akan beroperasi selama dibutuhkan,” ujarnya.
Dengan adanya posko ini diharapkan menjadi pusat kendali penyebaran covid-19 di kecamtan Muaraenim terutama di lingkungan pasar. Para petugas yang terdiri dari unsur Tni-Polri,BPBD,satpol PP dan OPD terkait diberikan tugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama para pedagang tentang protokol kesehatan bila perlu diberikan unsur penekanan. “Kita harapkan agar para petugas dapat menghimbau kepada masyarakat bila perlu diberikan sedikit penekanan tentang protokol kesehatan,” tegasnya.

Sementara itu, Dandim 0404/Muaraenim melalui Kasdim Mayor (Inf) Sugeng menyampaikan agar posko ini simbolis saja, dia meminta agar para petugas yang siaga di posko untuk menjadwalkan keliling di pasar terutama saat ramai untuk menghimbau protokol kesehatan di masyarakat.nur
POSKO : Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muaraenim Ir H Hasanudin Msi meresmikan posko pengendalian dan pencegahan Covid-19 di pusat keramaian.#nur

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kasus Dugaan Korupsi Wabup OKU, Polda Sumsel Koordinasikan Dengan KPK

Waspadai Pasien Tanpa Gejala