in

Teknik Dasar Fotografi Kamera DSLR

Kamera DSLR adalah kamera yang mempunyai teknologi tercanggih untuk saat ini kamera ini mempunyai berbagai pengaturan yang harus dikuasai oleh semua para fotografer pemula. Teknik dasar fotografi kamera DSLR terletak pada penguasaan menggunakan fasilitas di kamera DSLR agar dapat memaksimalkan kinerja kamera tersebut. Hal ini dibutuhkan agar seorang fotografer dapat menghasilkan foto yang bagus, indah dan bernilai seni. belajar dari nol lebah baik daripada menjadi pintar instan tapi tidak tahu apa-apa.

Setiap jenis kamera DSLR mempunyai karakter sendiri dan berbeda-beda namun cara menggunakan kamera DSLR mempunyai nama yang sama. Berikut adalah beberapa berbagai kontrol yang ada dan penjelasan fungsi kontrol, dan silahkan tentukan kamera dslr terbaik anda.

1. White balance
Dalam memfoto obyek putih dalam kamera DSLR terdapat pengaturan KelvinColorTemperaturescale di mana fungsi dari kontrol ini untuk mengatur warna yang putih yang akan difoto scale yang benar tidak lebih dan tidak kurang agar foto yang dihasilkan natural jika pengaturan ini salah warna putih tersebut dapat berubah menjadi warna kekuningan atau kebiruan. Skala yang digunakan adalah skala Kelvin

2. Diafragma
Diafragma adalah teknik dasar fotografi kamera dslr yang harus dipahami diafragma adalah pengaturan bukaan pada lensa DSLR. Dalam kamera DSLR di simbolkan dengan huruf F. Ada beberapa ukuran F yang bisa dipilih. F yang memiliki angka lebih kecil membuat bukaan pas lensa ini memadai lebar hasil yang akan di dapat berupa hasil foto obyek utama dan bakcground akan nampak lebih jelas, sendangkan F yang memiliki angka lebih besar mebuat bukaan lensa menjadi lebih kecil hal ini menyebabkan obyek utama di depan kamera lebih fokus (nampak jelas) daripada obyek background yang akan lebih buram. Diafragma penting karena beberapa tipe foto harus cocok dengan pengaturan diafragma seperti contohnya foto pemandangan harus menggunakan diafragma f ukuran kecil dan foto untuk model menggunakan f ukuran besar.

3. ISO
ISO adalah kepekaan kamera terhadap cahaya dalam kamera DSLR ataupun kamera yang mempunyai teknologi digital akan mempunyai kontrol ini angka ISO sendiri di mulai dari angka kecil hingga angka ISO yang besar. Fungsi dari ISO sendiri adalah untuk mengontrol pengaturan cahaya yang masuk dalam foto nanti contohnya jika memfoto obyek di dalam ruangan gelap Anda dapat menggunakan ISO yang tinggi agar foto yang dihasilkan tidak terlalu gelap. Sebaliknya jika memfoto obyek pada kondisi terang dan cukup cahaya tidak perlu menggunakan ISO yang tinggi karena akan membuat foto menjadi terlalu terang. Teknik dasar fotografi kamera DSLR tentang ISO ini harus sering sekali untuk dilatih agar terbiasa dengan penggunaan kadar ISO terhadap lingkungan obyek yang akan difoto.

advertisement


What do you think?

Written by virgo

Era Fotografi

Pre Wedding Photo Bisnis yang Menggiurkan