in

Terbaik di Sumatera Barat, Nilai Plus KAN Lubukbasung Mandiri Kelola Kegiatan

PADEK.CO–Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubukbasung, Agam, terpilih sebagai KAN Terbaik I Sumatera Barat 2023 dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi KAN sebagai organisasi ninik mamak yang bertujuan memasyarakatkan nilai-nilai adat di tengah kehidupan masyarakat.

Prestasi tersebut diraih sesuai keputusan Gubernur Sumbar Nomor 411-671-2023 tentang penetapan pemenang penilaian kerapatan adat nagari terbaik tingkat Provinsi Sumbar 2023 tanggal 29 September 2023 yang ditandatangani Gubernur.

Penetapan KAN Terbaik I Sumbar tersebut diraih setelah sebelumnya dilakukan serangkaian penilaian baik secara administrasi maupun verifikasi lapangan yang dilakukan di Kantor KpAN Lubukbasung, 8 September yang lalu.

KAN yang berada di pusat pemerintahan Kabupaten Agam itu, dinilai tampil maksimal dengan serangkaian terobosan yang dilakukan dan sukses unggul dibanding KAN dari berbagai kabupaten-kota lain.

Tampilnya KAN Lubukbasung sebagai yang terbaik di Sumbar itu sendiri, sudah diprediksi sejak lama oleh banyak pihak, menyusul serangkaian terobosan yang dilakukan jajaran pengurus KAN Lubukbasung di bawah pimpinan Ir Novi Endri Msc Dt Simarajo terutama dalam pengelolaan administrasi, penataan sarana kantor, inovasi dan kemandirian dalam pengelolaan berbagai kegiatan, yang menjadi poin lebih KAN Lubukbasung.

Pengumuman dan penyerahan hadiah KAN Terbaik di Sumatera Barat itu digelar khusus saat puncak peringatan HUT ke-78 Provinsi Sumatera Barat di DPRD Sumbar, Minggu (1/10) yang dihadiri tokoh-tokoh penting Sumbar di Indonesia.

Sukses prestasi luar biasa yang diraih KAN Lubukbasung itu dibenarkan Ir Novi Endri Dt Simarajo Msc, Ketua KAN Lubukbasung melalui ponselnya.

Alhamdulillah, berkat dukungan bersama, doa seluruh masyarakat Nagari Lubukbasung dan Kabupaten Agam, KAN Lubukbasung sukses meraih prestasi terbaik tahun ini,“ ungkapnya.

Novi Endri Dt Simarajo melanjutkan, prestasi tersebut merupakan wujud kebersamaan dan dukungan bersama seluruh ninik mamak Nagari Lubukbasung, jajaran pemerintahan Nagari, Pemkab Agam dan seluruh komponen masyarakat.

“KAN Lubukbasung telah melakukan berbagai upaya dan terobosan yang dilakukan KAN Lubukbasung untuk terus berbenah dalam berbagai aspek,” ujarnya.

Diharapkan Novi Endri Dt Simarajo, penghargaan terbaik KAN Terbaik I di Sumatera Barat itu, bisa menjadi bagian penting bagi seluruh komponen yang ada di Lubukbasung untuk semakin memperkokoh kebersamaan, komitmen untuk terus maju dan berkembang, mendorong pertumbuhan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dengan bersinergi dengan pemerintah daerah.

“Kita bangga dan apresiasi peran aktif seluruh warga. Penghargaan KAN Terbaik I Sumbar tahun 2023, sepenuhnya untuk ninik mamak, untuk masyarakat Lubukbasung dan Kabupaten Agam, kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan,“ ulasnya.

Ketua KAN Lubukbasung itu berharap, dengan prestasi luar biasa yang diraih itu, menjadi motivasi besar untuk mengaplikasikan posisi terbaik itu dalam berbagai aktivitas masyarakat, terutama dalam penerapan adat-istiadat untuk membentengi masyarakat dari dampak era global, sesuai peran dan fungsi ninik mamak.

Selain itu, atas prestasi tersebut KAN Lubukbasung mendapatkan hadiah trofi, piagam dan uang tunai Rp12.500.000. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

BPRS Jam Gadang Raih Dua Penghargaan Nasional, Hanya Dalam Waktu Sepekan

Yusli Mardan: Semangat Gotong Royong Perlu Dipupuk dan Dibangkitkan Kembali