in

Tim PKM Teknik Sipil UNP Latih Tukang Perbaiki Rumah di Pasaman Barat

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang (UNP) baru-baru ini melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kenagarian Aua Kuniang, Pasaman Barat.

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tersebut berlangsung 2 September 2022 yang melibatkan tukang sebagai ujung tombak pembangunan rumah. Selain itu, PKM Teknik Sipil UNP juga melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Ketua tim PKM jurusan Teknik Sipil UNP Dr. Eng. Nevy Sandra, ST, M.Eng menjelaskan, gempa Pasaman Barat 25 Februari 2022 (6,2 SR) meluluh-lantakkan rumah warga di Pasaman. Tim PKM Teknik Sipil UNP memberikan pelatihan dalam pembuatan rumah aman gempa dan perbaikan rumah yang rusak akibat gempa.

“Daerah ini merupakan daerah yang terparah akibat gempa. Tercatat, di Pasaman rumah yang rusak berat/hancur berjumlah 689 unit, rusak sedang 221 unit, dan rusak ringan berjumlah 390 unit. Kita bantu masyarakat dengan memberikan pelatihan tentang tatacara perkuatan rumah sederhana dan perbaikan rumah yang rusak akibat gempa,” ujar Nevy, Sabtu (3/9).

Nevy Sandra menambahkan, tingginya tingkat kerusakan bangunan di Aua Kuniang dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat, termasuk tukang lokal tentang prinsip-prinsip pembangunan rumah yang aman gempa dan tatacara perkuatan rumah sederhana dan perbaikan rumah yang rusak akibat gempa.

“Kita memberikan pelatihan kepada tukang lokal dan edukasi masyarakat yang berkelanjutan tentang prosedur perkuatan dan perbaikan (retrofitting) rumah pascagempa. Tahapan awal, tim PKM UNP memberi penjelasan dalam bentuk teori dan dilengkapi gambar perkuatan bangunan sebelum dan sesudah terjadi gempa sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku,” jelasnya.

Nevy Sandra menjelaskan, akan melakukan evaluasi atas program yang telah dilakukan PKM UNP. “Kita akan lakukan evaluasi selama tiga bulan atas program yang telah kita buat ini. Dengan melibatkan unsur pemerintahan nagari, dan muspida yang ada, kita akan melakukan kunjungan lagi, serta melakukan diskusi dari pelatihan yang dilakukan,” tutupnya.

Tim PKM Teknik Sipil Fakultas Teknik UNP dalam pelatihan itu menghadirkan Fajri Yusmar S.T M.T. yang merupakan salah seorang ahli struktur dan kegempaan UNP, serta Fani Keprila Prima, SPd, MPd.T yang juga pakar bidang Mitigasi Bencana dan Media Pembelajaran UNP. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ketum Kadin Ajak Pelaku Usaha Ramaikan Marawa Digital Fest 2022 di UNP

PAW  Platform Online Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi