in

Tingkatkan SDM BPN Dalam Pengelolaan Nagari

DISKUSI: Bupati Solok Epyardi Asda memberikan arahan saat Peningkatan Kapasitas BPN
se-Kabupaten Solok, Selasa (13/2).(DISKOMINFO KABUPATEN SOLOK)

Untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas SDM Anggota Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) dalam menjalankan Tupoksi, Pemkab Solok gelar kegiatan Peningkatan Kapasitas BPN se-Kabupaten Solok, Selasa (13/2).

“Peranan BPN kian hari makin meningkat, untuk itu BPN harus mengetahui tupoksi masing-masing sehingga bisa menghindari kesalahan dalam melaksanakan tugas,” ujar Bupati Solok, Epyardi Asda.

Meskipun kebanyakan BPN telah mengetahui tupoksinya masing-masing, namun kegiatan tersebut tetap perlu dilaksanakan dalam meningkatkan pemahaman serta kualitas SDM di BPN sehingga dapat memahami tugas dan wewenangnya dalam membangun Nagari.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan, SDM sangat penting dalam pembangunan, untuk itu bagi semua lembaga di nagari nantinya akan ada pelatihan-pelatihan serupa dengan tujuan peningkatan kualitas SDM karena saat ini kian hari APBDesa selalu meningkat, maka dari itu perlu SDM yang mumpuni untuk dapat mengelola setiap anggaran sehingga bermanfaat untuk pembangunan di Nagari kedepannya.

Saat ini, Ia ingin menjadikan Kabupaten Solok sebagai daerah tujuan wisata, namun hal itu dapat terwujud melalui adanya investor-investor yang berinvestasi, dan isu yang seringkali terjadi di tanah Minangkabau ialah terkait sengketa lahan yang kerap terjadi sehingga membuat investor ragu untuk berinvestasi di daerah.

Untuk itu melalui pembinaan ini, Ia harapkan kepada seluruh BPN maupun Niniak Mamak dan Lembaga yang ada di Nagari lainnya dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di Nagari termasuk kasus sengketa lahan yang sering terjadi.

“Saya berharap sebagai ujung tombak pemerintah mari kita bekerja dengan niat tulus dan ikhlas untuk mengabdi demi kesejahteraan masyarakat” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala DPMN Romi Hendrawan menyampaikan, kegiatan itu diikuti oleh seluruh Pengurus BPN se-Kabupaten Solok sebanyak kurang lebih 222 Orang.

Adapun, materi kegiatan antara lain, kebijakan strategis pemerintah dalam membangun Nagari, Tugas Fungsi dan Wewenang BPN, Sistem Pengawasan dan Pengelolaan Keuangan Nagari serta Tata Cara Pengisian Anggota BPN. (frk)

What do you think?

Written by Julliana Elora

PLN Tebar Promo Tambah Daya Listrik dan Bagi Merchandise Menarik Di IIMS 2024

Kolaborasi Kemenag dan Unilever Indonesia Berdayakan Dua Juta Santri dan Santri Putri