in

UMKM Dapat Perhatian Serius, Ini Kata Wako Solok!

MOTIVASI: Wako Solok Zul Elfian Umar mengunjungi pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner, Senin (18/7).(IST)

Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pariwisata terus berupaya meningkatkan kompetensi UMKM kuliner yang ada di Kota Solok, khususnya dalam peningakatan higienitas produk.

Karena itu, Pemko Solok gelar pelatihan peningkatan inovasi dan higienis sajian kuliner yang bersumber dari DAK nonfisik program pariwisata tahun 2022, Senin (18/7).

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh UMKM khususnya kuliner di Kota Solok karena terkait dengan inovasi dan higienitas yang memang penting diketahui oleh peserta,” ujar Wali Kota Solok Zul Elfian Umar.

Menurutnya, keamanan pangan merupakan persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh setiap produk makanan yang akan diedarkan sebelum dikonsumsi masyarakat. Banyak masyarakat yang belum memahami dan mengetahui serta kurang peduli bahwa penanganan makanan yang salah mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan.

Sesuai dengan sasaran dan prioritas nasional bidang kesehatan untuk meningkatkan status gizi masyarakat, pengendalian penyakit tidak menular dan peningkatan efektivitas pengawasan makanan dalam rangka peningkatan keamanan dan mutu pangan yang beredar.

Ia berharap Kota Solok juga nantinya dapat menjadi jantung kuliner di Sumatera Barat, sehingga orang akan datang ke Kota Solok untuk menikmati kuliner yang luar biasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Elvy Basri menyampaikan, kegiatan ini adalah pelatihan yang merupakan kegiatan DAK nonfisik tahun 2022. Peserta yang dihadirkan saat ini adalah UMKM yang baru berkembang di Kota Solok yang nantinya juga akan memperkaya khasanah kuliner Kota Solok dengan inovasi baru dari kuliner khas Kota Solok.

“Kita berharap kuliner Kota Solok ini menjadi salah satu tujuan wisata baru nantinya untuk orang datang berkunjung ke Kota Solok,” harapnya.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 18  sampai 20 Juli tersebut nantinya akan lebih banyak pada kegiatan praktek untuk membuat inovasi kuliner dan bagaimana untuk packaging produk kuliner yang baik.

“Pelatihan ini adalah salah satu upaya dari Dinas Pariwisata untuk mempersiapkan diri menyambut visit West Sumatera 2023,” tutupnya. (frk)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Astaga, PAD Tahun 2023 Mengalami Penurunan 2,7 Persen

Majukan Kualitas Bangsa Berkarakter, Pengembangan Potensi Siswa Merdeka