in

UMSU Siap Masuk Pasar Bebas ASEAN

MEDAN (Berita): Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) siap masuk pasar bebas masyarakat ekonomi ASEAN setelah melihat beberapa indikator yang dicapai saat ini.

Untuk itu Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah dan Kopertis Wilayah I Sumut berkepentingan mendorong Perguruan Tinggi Muhammadiyah ini meraih Akreditasi A. Begitu juga dorongan itu datang dari Kopertis yang menetapkan UMSU sebagai PTS di Sumut yang dijarapkan meraih Akreditasi A.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang Prof Edy Suwandi Hamid pada acara wisuda 3.401 lulusan Magister, Sarjana dan Ahli Madya yang diadakan selama tiga hari (8,9 dan 10 Mei 2017). Pada hari pertama, Senin (8/5), diwisuda 1.134 lulusan. “UMSU wajar meraih Akreditasi A karena terbesar dan terbaik di Sumut. Akreditasi ini akan mendorong kesiapan UMSU menjadi perguruan tinggi internasional,” ujarnya.

Prof Suwandi Hamid mengatakan, Majelis Dikti Litbang tengah memberikan pendampingan kepada UMSU juga sama halnya Kopertis untuk menjadikan UMSU satu-satunya PTS berakreditasi A. Dalam waktu dekat Majelis Dikti Litbang akan mempromosikan UMSU ke Perguruan Tinggi di Eropa terutama Inggris sekaligus menjajaki kerjasama untuk mematangkan kesiapan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ini masuk pasar bebas ASEAN (MEA).

Sebelumnya UMSU dan PTM lainnya menandatangani MoU dengan Moslem Education Development Association of Thailand (MEDAT) dan Southern Borser Provice Administration Centre (SBPAC) di Yala. Bersamaan MoU dilakukan seleksi mahasiswa 209 mahasiswa di sana untuk kuliah di UMSU dan PTM lainnya.

Prof Edy Suwandi Hamid mengatakan para wisudawan patut berbangga menjadi alumni UMSU yang dibekali kecerdasan dan keislaman. Sementara itu, Koordinator Kopertis I Sumut Prof Dian Armanto mengatakan UMSU memang PTS terbaik di Sumut sehingga Kopertis mendorong UMSU harus meraih Akreditasi A. “Harus dan tidak boleh tidak karena Sumut belum memiliki PTS yang Akreditasi A,” ujarnya.

Dia yakin alumni UMSU siap bersaing di pasar kerja baik nasional maupin internasional. Rektor UMSU Dr Agussani, MAP dalam sambutannya mengatakan, atas dukungan semua pihak dan kerja keras sivitas akademika kepercayaan masyarakat dan pemerintah terus meningkat dan UMSU akan terus menjaga serta memeliharanya dengan baik.

Menghadapi persaingan di MEA, lanjutnya, UMSU telah memberikan skill dan secara akademik diberi ilmu pengetahuan dengan menjalankan Tri Dharma dan Catur Dharma salah satunya meningkatkan Akreditasi dari B menjadi A. Komitmen UMSU harus meraih Akreditasi A untuk mengantisipasi lulusan UMSU tidak dalam 30 persen angka partisipasi kasar lulusan perguruan tinggi menjadi pengangguran terbuka.

“Saya mengucapkan selamat kepada lulusan yang telah diwisuda agar menjaga almamater dan selalu berbakti kepada orangtua. Doakan UMSU meraih Akreditasi A,” katanya. (aje)

What do you think?

Written by virgo

“Visit Perak Sales Mission” 2017, Pertemuan Negeri Serumpun

4 Fenonema Kalung Batu Amber Yang Ngetrend di Indonesia