PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia atau Bank) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) kembali melaksanakan kegiatan Berbagi untuk Kebaikan yang sudah menjadi kegiatan tahunan sejak 2019 khususnya dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443-H.
Kegiatan Berbagi untuk Kebaikan direalisasikan melalui penyaluran bantuan sosial berupa hewan kurban kepada warga masyarakat yang membutuhkan di sekitar Kantor Cabang Syariah (KCS), tepatnya di 19 KCS Maybank Indonesia dan satu Kantor Cabang Maybank yang tersebar di Indonesia dengan total nilai bantuan mencapai Rp700.000.000. Ada pun sumber bantuan berasal dari dana kebajikan yang dikelola oleh UUS Maybank Indonesia.
Romy Buchari, Head Shariah Banking Maybank Indonesia mengatakan, “Inisiatif Berbagi Untuk Kebaikan ini merupakan wujud kepedulian UUS Maybank Indonesia kepada warga yang kurang mampu serta sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat ukhuwah atau persaudaraan antar sesama umat muslim yang merayakan Idul Adha.”
Dalam penyaluran bantuan tersebut, UUS Maybank Indonesia menggandeng lembaga Amil Zakat, Infaq & Shadaqah (LAZIS) , Yayasan Pondok Pesantren, serta masjid sebagai mitra pelaksana kurban. “Kami melibatkan berbagai pihak dalam penyaluran bantuan sosial UUS Maybank Indonesia khususnya dalam penanganan ketika ibadah Qurban berlangsung. Sehingga unsur kebersamaan dan pemberdayaan dapat dicapai sejalan dengan misi kami, Humanising Financial Services,” lanjut Romy.
UUS Maybank Indonesia juga menyediakan sarana bagi nasabah kami untuk menunaikan sedekah kurban dengan mengikuti program nabung rutin di Maybank MyPlan iB Qurban www.maybank.co.id/Qurban, untuk mulai mempersiapkan dana untuk ibadah Qurban di tahun mendatang.
Romy menambahkan bahwa UUS Maybank Indonesia akan terus melakukan inovasi dan pengembangan solusi keuangan berbasis syariah agar semakin dikenal di berbagai kalangan masyarakat. Hal ini menurut Romy, merupakan bagian dari strategi Shariah First, yakni strategi yang memprioritaskan pengenalan solusi keuangan syariah kepada nasabah.
Dalam memperkenalkan solusi keuangan syariah, UUS Maybank Indonesia mengedepankan pengelolaan dana nasabah dan penyediaan fasilitas pembiayaan yang menganut prinsip, di antaranya, adil, transparan dan berkelanjutan, serta dapat diakses oleh segala lapisan masyarakat.(*)
******
Catatan untuk Editor
Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui M2U App, M2U (App dan Web), M2E untuk nasabah korporasi dan berbagai saluran lainnya.
Per Maret 2022, Maybank Indonesia memiliki 355 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia dan satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 22 Mobil Kas Keliling dan 998 ATM yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp105,98 triliun dan memiliki total aset senilai Rp159,75 triliun pada akhir Maret 2022.