in

Universitas Harvard Tawarkan 67 Kursus “Online” Gratis

JAKARTA – Di tengah pan­demi Covid-19, Universitas Harvard, yang juga anggota asosiasi universitas Ivy League di Amerika Serikat (AS), telah menawarkan 67 macam kursus daring (dalam jaringan) atau online secara gratis bagi orang-orang dalam karantina man­diri, yang ingin menambah pe­ngetahuan dan keterampilan baru. Mereka yang tertarik un­tuk mendaftar dapat mengun­jungi situs universitas itu dan melihat katalognya di online-learning.harvard.edu.

Sejumlah media pada Jumat (17/4) melaporkan kursus-kur­sus yang tersedia akan berlang­sung berkisar antara seminggu hingga 15 minggu, meliputi mata pelajaran pemrogram­an, kesehatan dan kedokteran, ilmu sosial, ilmu komputer, seni dan desain, bisnis dan hu­maniora, dan banyak lagi.

Meskipun disediakan se­cara gratis, peserta kursus ha­rus memiliki komitmen dalam mengikuti sistem pembelajaran daring itu. Setelah seseorang memilih subjek, daftar program akan muncul sebagai opsi, de­ngan durasi, komitmen waktu, kecepatan, dan tingkat kesulitan yang ditentukan. Setelah memi­lih kursus, formulir aplikasi ha­rus diisi agar peserta mendapat akses ke materi kursus.

Lebih dari itu, ada beberapa hal yang sangat menarik, salah satunya disebut PredictionX, yaitu siswa akan belajar ten­tang apa yang disebut sistem prediksi Harvard pra-ilmiah, seperti pembakaran tulang di Tiongkok dan tokoh mitos Yu­nani, Oracle of Delphi.

Selain itu, Harvard juga me­nawarkan kelas online berbayar atau sedikit mahal dengan bia­ya lebih dari beberapa ribu dol­lar AS. Namun, ada beberapa yang relatif murah yang perlu diperhatikan, seperti kelas Pengantar Tai Chi selama dua minggu, yang dapat membawa ketenangan yang sangat dibu­tuhkan di tengah situasi saat ini.

Sejak pandemi virus koro­na, banyak lembaga dan per­usahaan telah berusaha agar masyarakat tetap teredukasi dan produktif, melalui inisiatif pembelajaran elektronik gratis, di antaranya adalah perusaha­an produk pencitraan dan optik berbasis di Tokyo, Nikon, yang baru-baru ini meluncurkan kursus fotografi daring gratis yang tersedia sepanjang April.

Kampus Prestisius

Perlu diketahui, Ivy League merupakan asosiasi delapan universitas paling prestisius di Amerika Serikat. Kedelapan kampus tersebut hampir selalu berada di peringkat teratas da­lam berbagai daftar universitas terbaik. Kampus-kampus ter­sebut adalah Brown University, Columbia University, Cornell University, Dartmouth College, Harvard University, the Univer­sity of Pennsylvania, Princeton University, dan Yale University.

Sebelumnya dilaporkan, ada 450 kelas online gratis yang di­buka bagi publik yang ditawar­kan Ivy League. Adapun kate­gori kelas yang bisa diikuti ialah Computer Science, Data Science, Programming, Humanities, Business, Art & Design, Science, Social Sciences, Health & Medi­cine, Engineering, Mathematics, Education & Teaching, Personal Development.

Seluruh kelas online gratis dari kampus Ivy League ini bisa diakses lewat laman Class Cen­tral di https://www.classcen­tral.com/collection/ivy-league-moocs. Laman Class Central merupakan mesin pencari se­kaligus penyedia ulasan terkait sejumlah kelas gratis di dunia. AFP/SB/AR-2

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mafia Obat dan Alkes Bikin RI Bergantung Impor

Ratas Mitigasi Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif