in

UPTD SMP Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh, Undangan Evaluasi PLM Tingkat Nasional

TINGKATKAN
KAPASITAS: Kegiatan Evaluasi PLM Nasional yang diadakan Dinas
Kearsipan dan
Perpustakaan Sumbar di aula lantai 4, Rabu (21/12).(IST)

Evaluasi pelaksanaan kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) Nasional diadakan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat jalan Diponegora Nomor 4 Padang, tepatnya acara digelar di aula lantai 4, Rabu 21 Desember 2022.

Dalam kesempatan ini, selaku pegiat literasi yang mendirikan rumah baca masyarakat (Pondok Baca Asa Kreatif) di kediaman, juga motivator bagi para guru dalam menggerakan literasi sekolah yakni Sesmi Anggia, S.Pd guru bahasa Indonesia UPTD SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh mengikuti serangkaian acara tersebut.

Di samping itu, Kabid Dinas Perpustakaan Kabupaten Limapuluh Kota, Srisaparmi, ST didampingi pustakawan Rahma Febria juga ikut memenuhi undangan. Acara dimulai tepat pukul 10.00 WIB sesuai yang tertera diundangan, yang dibuka langsung Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Novrial, SE, MA, Ak.

Pembicaraan ketika itu, sekaitan dengan ucapan terima kasih kepada para pengikuti yang sempat menghadiri PLM tingkat nasional di Surabaya pada 4 Desember 2022. Di mana para pegiat literasi, baik yang berasal dari tenaga perpustakaan daerah se-Sumatera Barat, juga beberapa kegiatan literasi dari Taman Baca Masyarakat (TBM), sempat membawa nama harum Sumatera Barat di ajang lomba.

Di antaranya, juara terbaik 1 tampilan lapak secara nasional. Ini memang luar biasa, karena dalam waktu singkat memperlihatkan kekompakan peserta mengeluarkan kreativitas uniknya yang tiada tanding. Sehingga kunjungan ke stand Sumatera Barat membeludak selama tiga hari tersebut.

Akhirnya pada penutupan diumumkan pemenang lapak terbaik, dan urutan dua untuk pustaka Padangpanjang. Hilanglah rasa penat, ketika penobatan lapak terbaik tersebut. Sorak gempita memecah ruang kegiatan Visa Hotel Surabaya itu.

Tentunya kita mau tau, dari sudut mana penilaian dan persiapan seperti apa yang telah dilakukan para pegiat literasi ketika itu? Inilah wujud kegiatan pertemuan atau evaluasi yang diadakan di Dinas Perpustakaan Sumatera Barat. Tujuannya di masa akan datang, tetap mempertahankan prestasi dan terus meningkatkan ke arah yang lebih baik.

Istilahnya, di ruang inilah para pegiat tersebut saling berbagi pengalaman, dan juga mempertajam pemahaman betapa pentingnya gerakan literasi buat kesejahteraan masyarakat. Dalam arti kata, literasi bukan hanya sebatas membaca, menulis dan berhitung.

Melainkan dari membaca menulis dan berhitung, setiap orang akan bisa meningkatkan kecerdasan dan perekonomian keluarga. Kehidupan semakin sejahtera dengan karya-karya bermutu, yang dirancang/diprogramkan di perpustakaan kabupaten/kota termasuk TBM kelurahan/nagari.

Terus, gambaran yang terjadi di lapak yang dilombakan tersebut adalah keberagaman hasil dari binaan perpustakaan kabupaten/kota seperti Talua Asin dari Pariaman, Pinukuik Bareh dari Tanahdatar, Sabun cuci piring dari Kota Payakumbuh, Madu Galo-galo, dan banyak lagi ragamnya.

Pada lapak tersebut juga ditayangkan video pembuatan setiap karya tersebut, sehingga para pengunjung merasa beruntung dapat memperoleh ilmu sesuai yang mereka butuhkan di daerah masing-masingnya nanti. Di sampingkan itu, kreativitas tangan-tangan perajin yang pada umumnya semua pengikut dari Sumbar telah menjadikan tampilan lapak berbeda dari tampilan lapak lainnya.

Contoh semua dinding dibalut dengan lamin penuh pernak pernik, di pintu masuk berdiri gerbang yang dibuat dari kertas tebal bermotif batik. Intinya tampilan lapak Sumbar tidak ada yang mengecewakan, maka sangat layak menggedong sang juara ketika acara PLM tingkat Nasional digelar.

Ini adalah ruang berbagi di daerah. Sebagai guru dan pegiat literasi masyarakat dan sekolah, Sesmi Anggia, S.Pd yang bertugas di UPTD SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh selalu mengajak rekan-rekan sejawat untuk terus meningkatkan kepedulian akan gebrakan literasi.

Di lingkungan atau masyarakat, si pemilik Pondok Baca Asa Kreatif ini membuka ruang untuk bincang serta berkreativitas sebagai wujud mengembangkan bakat serta meningkatkan perekonomian dalam kehidupan.

Untuk itu ucapan terima kasih kepada Ahmad Guntur, S.Pd selaku kepala sekolah yang selalu memberi motivasi untuk kemajuan. Terima kasih Kadis Perpustakaan Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota beserta jajaran yang telah memberi kepercayaan, serta semua rekan. Alhamdulillah.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Andre Rosiade Bantu Mesin Potong Rumput dan Pompa Air untuk TMP Kuranji

Percepatan Penanggulangan TBC di Kota Padang Butuh Perda dan Anggaran