in

Wakil Ketua MK asal Unand Prof Saldi Isra Terima Bintang Mahaputra Adipradana

PADEK.JAWAPOS.COM-Memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia tahun 2023, Presiden Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan kepada 18 orang tokoh, di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/8/2023) pagi.

Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana, Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Budaya Parama Dharma tersebut, didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 66, 67, 68, dan 69/TK/Tahun 2023 yang ditetapkan di Jakarta pada 7 Agustus 2023.

Satu dari 18 penerima anugerah tanda kehormatan tersebut adalah Prof Saldi Isra, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) asal Universitas Andalas (Unand) Padang.

Saldi menerima Bintang Mahaputera Adipradana. Anugerah ini diberikan kepada putra terbaik bangsa yang secara luar biasa menjaga keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa penganugerahan tanda kehormatan RI dilakukan atas pertimbangan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan sesuai dengan syarat dan ketentuan khusus.

“Ya itu semuanya (penerima tanda kehormatan) diajukan dan atas pertimbangan dari Dewan Gelar,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 5/M Tahun 2020 adalah, Mahfud MD sebagai Ketua merangkap Anggota, Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono sebagai Wakil Ketua merangkap Anggota serta anggota Moeldoko, Azyumardi Azra, Noer Hassan Wirajuda, Meutia Farida Hatta Swasono dan Anhar Gonggong.

Rektor Unand Prof Yuliandri mengucapkan syukur dan bangga atas anugerah yang diperoleh Prof Saldi Isra.

“Selamat atas Anugerah Bintang Mahaputra Adipradana kepada Prof Saldi Isra. Anugerah dari negara tentu menjadi kebanggaan semua civitas akademika UNAND,” ujar Prof Yuliandri.

Kebanggaan yang sama diungkapkan Ketua Umum IKA FH Unand Dr Prim Haryadi. “Alhamdulillah, selamat dan sukses untuk Prof Saldi. Semoga berkah dalam lindungan Allah Subhanahu wa Taala, aamiin..,” ujar Prim Haryadi.

Komisioner Komisi Informasi Sumbar dua periode, Adrian Tuswandi mengatakan, Prof Saldi Isra merupakan putra terbaik bangsa asal Sumbar dan alumni terbaik Unand. “Selamat dan sukses selalu untuk Prof Saldi,” ucap alumni Fakultas Hukum Unand yang juga Ketua Jaringan Pemred Sumbar (JPS).

Aktivis YLBHI Alvon Kurnia Palma juga mengucapkan selamat kepada Wakil Ketua MK RI itu. “Selamat kepada Prof Saldi atas prestasinya mendapatkan tanda jasa Bintang Mahaputra Adipradana,” ujar Alvon.

Radius Rudi Chandra yang kini menjabat Wakil Ketua PN Kotobaru Solok juga mengungkapkan kebanggaannya.

“Selamat dan sukses selalu Prof Saldi…Bravo Kampus Merah (nama lain Fakultas Hukum Unand),” ucap Radius yang satu angkatan dengan Prof Saldi Isra di Fakultas Hukum Unand.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pemerintah Siapkan Sejumlah Langkah Tingkatkan Kualitas Udara di Jabodetabek

Pikap Terjun ke Sungai Palo Salareh Aia, Seorang Korban Lagi Ditemukan 8 Km dari TKP