in

Wakil Ketua MPR: Pengangkatan Guru Honorer Diharapkan Atasi Kekurangan Guru

Wakil Ketua MPR Lestari Moerjiat

Jakarta, BP–Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengapresiasi upaya pemerintah dalam percepatan pengangkatan guru honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk mengatasi kekurangan guru di Tanah Air.
“Rekrutmen satu juta guru dengan status PPPK merupakan upaya penyerapan tenaga kerja sekaligus peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Air,” kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/11).
Lestari berharap, percepatan pengangkatan guru honorer menjadi PPPK itu tidak mengabaikan standar kualitas tenaga pengajar. Agar guru yang berstatus PPPK itu mampu meningkatkan kualitas pendidikan nasional di masa datang.
Tingkat pendidikan yang baik, menurut Lestari berpotensi meningkatkan rasa nasionalisme warga negara, yang sangat diperlukan di era globalisasi.
Kekurangan tenaga pengajar, tambah dia merupakan salah satu persoalan serius yang dihadapi bidang pendidikan sejak lama.
Upaya peningkatan status guru itu, menjadi momentum bagi Kemendikbud untuk mengatasi kekurangan tenaga pendidik.
Penyerapan tenaga PPPK dalam jumlah besar, sambungnya juga merupakan upaya pemerintah memperbaiki kesejahteraan tenaga kerja honorer, baik dari sisi status maupun penggajian.
“Selama ini, rekrutmen tenaga honorer dilakukan pemerintah daerah sesuai kebutuhan daerah. Sedangkan rekrutmen tenaga PPPK, dilakukan serentak oleh pemerintah pusat,’” paparnya.#duk

What do you think?

Written by Julliana Elora

Edarkan Sabu, Empat Warga Langsa Diciduk

Tegakkan Kedisiplinan terhadap Pelaksanaan Protokol Kesehatan