in

Wanita Ultra Mikro Ikuti Pelatihan PNM

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan pemberdayaan melalui program pelatihan yang diberikan kepada wanita ultra mikro yang diselenggarakan di UPI Convention Centre, Padang, Jumat (17/6).

Peserta adalah 350 nasabah PNM Mekaar yang terdiri dari Mekaar Cabang Lubukkilangan, Lubukkilangan 2, Pauh, Padang Timur, Padang Utara, Lubuk Begalung, dan Kuranji 2.

Pelatihan ini dikenal sebagai sosialisasi antar nasabah PNM yaitu PKU Akbar. Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Nazwir, Wakil Pemimpin PNM Cabang Padang Setyo Nugroho Indartanto, pemateri yang juga Direktur dan Instruktur Bumi Kreatif Institute, Eko Pramana Putra dan Rastra Dewangga selaku pemateri dari Merchant Acquisition Grab Food.

Nazwir menyampaikan, dengan melihat ini ada kegembiraan dan ingin sekali selalu bersama PNM dan melakukan kolaborasi. Salah satu program unggulan yang dikeluarkan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi sudah dilakukan backup oleh PNM.

Nazwir berharap kepada PNM ke depannya juga membina dan menyalurkan juga produk-produk mereka. Kegiatan PKU Akbar ini merupakan program pemberdayaan yang dirancang melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Pelatihan yang diberikan berupa sosialisasi perijinan usaha dan pemasaran digital yang sangat bermanfaat sehingga peserta difasilitasi dengan Nomor Induk Berusaha (NIB) berbasis online dan menjadi merchant Grab.

Kepala Bagian PKU PNM Yuyun Wahyudin mengatakan PNM hadir bukan hanya memberikan permodalan tapi mendampingi para pelaku UMKM.

Pelaku UMKM bisa naik kelas yang tadinya tidak mengenal dunia perbankan, yang tadinya tidak mengenal digital saat ini didorong bahwa harus memiliki rekening. Termasuk juga dari pencatatan manual ke pencatatan digital.

Sebagai informasi, hingga 17 Juni 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 129,76 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 11,921 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.493 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 422 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan. (cr6)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mantapkan Sinergi, GM PLN UIW Sumbar Hadiri Rakor IKPLN

Pengacara Kantor Hukum MCS Dan Rekan Adukan Oknum Kadus Desa Fagudu Ke Polres Sula Atas dugaan Tindak Pidana Pengrusakan