in

Warga Afrika Selatan Serbu Mie Instan dan Kopi Asal Indonesia

PUTRA | Rabu,01 Februari 2017 – 19:29:28 WIB

Dibaca: 247 kali 

JAKARTA — Masyarakat Afrika Selatan menyerbu mi instan asal Indonesia yang dipamerkan dalam Indonesian Coffee and Noodles Festival 2017 di Irene, Centurion, Afrika Selatan, akhir Januari lalu. Festival mi dan kopi itu sendiri digagas oleh Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg untuk memperkenalkan secara langsung produk Indonesia pada pemangku kepentingan di benua Afrika.

Kepala ITPC Johannesburg, Pontas Tobing, mengatakan Indonesia memang tengah gencar mempromosikan produk-produk lokal ke pasar nontradisional, salah satunya Afrika Selatan. “Di Afrika Selatan sendiri kebutuhan dan minat masyarakat akan produk mi instan dan kopi dari Indonesia cukup besar,” ujarnya, seperti dikutip Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan, Rabu (1/2).

Menurut Pontas, Afrika Selatan sendiri merupakan titik pertemuan yang penting untuk menyebarkan komoditas asal Indonesia di benua Afrika. Sebab, negara tersebut adalah pintu masuk produk ekspor Indonesia ke negara-negara di Afrika lainnya seperti Bostwana, Lesotho dan Swaziland.

Pontas mengatakan, Coffee and Noodles Festival 2017 yang diikuti oleh 100 pelaku usaha telah berhasil menarik minat sejumlah pengusaha asal Afrika. Mereka sudah menyatakan minat untuk mendatangkan mi dan kopi asal Indonesia untuk kemudian dijual di pasar Afrika.

Pada pameran kali ini, ITPC Johannesburg bekerja sama dengan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk (Indomie); PT Mayora Indah Tbk (Kopi Torabika), dan PT Santos Jaya Abadi (Kopi Kapal Api). Festival turut dimeriahkan dengan tarian nasional Indonesia dan tarian dari Zulu, Afrika Selatan yang menambah keseruan acara tersebut.

Saat ini, neraca perdagangan Indonesia dengan Afrika Selatan periode Januari-Oktober tahun 2016 tercatat surplus 405,11 juta dolar AS atau meningkat 4,43 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2015 yang hanya tercatat sebesar 387,91 juta dolar AS. Nilai ekspor Indonesia ke Afrika Selatan pada periode Januari-Oktober 2016 tercatat sebesar 632,36 juta dolar AS dan impor Indonesia dari Afrika Selatan tercatat sebesar 228,01 juta dolar AS.

Editor : Putra


What do you think?

Written by virgo

KIP Sebut Logistik Pilgub Aceh Aman

Agus Sampaikan Visi Misi Jakarta ke Dubes Negara Sahabat