in

WFQR Lanal TBK Amankan kapal Penarik Tongkang

tanjungpinang. Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV melalui Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lanal Tanjung Balai Karimun, mengamankan kapal motor tanpa nama yang sedang menarik tongkang tanpa dilengkapi dokumen di perairan Penyalai Kuala Kampar Riau.

Diduga berlayar tanpa dilengkapi dokumen yang sah Satu buah kapal Tugboat yang sedang menarik tongkang diamankan tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK) diperairan Penyalai Kuala Kampar Riau, kemarin.

Komandan Lanal (Danlanal) Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Totok Irianto menyatakan pengamanan tersebut bermula saat Tim WFQR IV Lanal Tanjung Balai Karimun melakukan kegiatan patroli laut rutin dengan menggunakan Kapal Patroli Keamanan Terbatas (Patkamla) Pulau Karimun melihat adanya sebuah kapal motor yang sedang menarik tongkang yang mencurigakan di perairan Penyalai.

Tim pun langsung mendekati kapal motor tersebut dan menghentikanya pada posisi 00 derajat 31′ 282″ LU – 103 derajat 17′ 450″ BT guna untuk melakukan pemeriksaan dan penggeledahan. Anggota kemudian melakukan pemeriksaan dan penggeledahan. Ditemukan pelanggaran awal yaitu kapal dan tongkang tidak layak laut kapal motor dan tongkang berlayar tanpa dilengkapi SPB (Surat Persetujuan Berlayar) dan muatan berupa eskafator (alat berat) tidak dilengkapi surat-surat resmi/dokumen serta tidak dilengkapi manifest.” ujar Totok.

Data yang diperoleh dari pemeriksaan kapal motor tanpa nama tersebut milik berinisial “M” sekaligus sebagai nakhoda serta diawaki satu orang ABK sedangkan tongkang dengan muatan satu unit eskafator (alat berat) merupakan milik Ijon Kapal berlayar dari Penyalai menuju Pulau Muda Kampar.

Berdasarkan pelanggaran tersebut kapal tongkang dan alat berat serta kru nya. Diamankan di Pos Pengamat (Posmat) Lanal TBK untuk proses lebih lanjut.

What do you think?

Written by virgo

Jembatan Batubi Ambruk, Warga Terpaksa Seberangi Aliran Sungai

8 Anggota Polisi Dinyatakan Bersalah Aniaya Tahanan Sampai Tewas