in

Wow, 8 bagian Bumi Tertua dan Berusia Miliaran Tahun!

Sahabat pembaca yang budiman, salam sehat dan sejahtera selalu. Bumi banyak menyimpan rahasia besar dan bahkan kebanyakan belum dapat terpecahkan. Begitu juga dengan bagian tertua yang ada di bumi. Bagian ini telah menjadi saksi bagaimana kehidupan bumi dari waktu ke waktu. Tiap kali bagian tertua bumi ditemukan, pasti akan membawa perubahan baru. Bahkan, teori yang saat ini diyakini, akhirnya bisa ditentang dengan adanya penemuan baru tersebut. Ada beberapa bagian tertua bumi yang membuat kagum serta takjub karena berumur jutaan bahkan milyaran tahun. Berikut bagian tertua bumi yang membuat kita terpana.

1. Permukaan Bumi Tertua (1,8 juta tahun)

Permukaan yang berupa betangan gurun ini terletak di Israel. Bentangan gurun ini masih terlihat sama meskipun sudah hampir 2 juta tahun lalu. Ini mungkin disebabkan karena perubahan cuaca sangat kecil dan tempat tersebut selalu kering dan datar.

2. Bongkahan Es Tertua (15 juta tahun)

Di Benua Antartika seolah tidak ada es dan hanya lapisan batuan kering serta debu. Tapi, ada di bagian bawah daratan tersebut terdapat lapisan es yang telah membeku selama 15 juta tahun awalnya tidak pernah berubah dan selalu stabil yaitu Garwood Valley. Tapi, beberapa tahun terakhir ini, es mulai mencair.

3. Gurun tertua (55 juta tahun)

Gurun tertua di dunia adalah Gurun Namibia yang terletak di Afrika. Di gurun tersebut terdapat tanaman berusia 2.500 tahun yang dinamakan Welwitschia. Gurun Namibia selalu kering dan kekurangan air selama kurang lebih 55 juta tahun.

4. Kerak Samudera (340 juta tahun)

Tethys atau samudera yang berada di kawasan Mediterania sebelum adanya Samudera Atlantik dan Hindia. Dan sampai saat ini, ada kemungkinan ada sisa Tethys yang masih dapat ditemukan. Permukaan bumi selalu berubah, tapi bagian ini telah dapat bertahan dan lepas dari perubahan geologis.

5. Karang yang dibentuk binatang laut (548 juta tahun yang lalu)

Di Afrika terbentang karang sepanjang 7 kilometer dan merupakan karang tertua di dunia. Pembentuk karang ini adalah Claudina. Binatang claudina dapat memproduksi zat pelekat seperti semen dan saling melekatkan diri satu sama lain.

6. Gunung Roraima (2 juta tahun)

Gunung Roraima berada di wilayah Guyana dan Brazil serta sebagian besar berada di wilayah Venezuela. Air terjun yang indah terbentuk saat hujan lebat dan seolah air terjun tersebut muncul secara tiba-tiba. Penulis buku klasik “The Lost World” terinspirasi dari gunung ini.

7. Air tertua di dunia (2.64 milyar tahun)

Sebuah lantai samudera yang ditemukan sekitar 2 mil di Kanada. Tepatnya di bawah sebuah tambang di Kanada. Ilmuwan meneliti air yang berada di bebatuan tersebut, dan tebukti air tersebut adalah air tertua di dunia.

8. Bumi yang asli (4,5 milyar tahun)

Ilmuwan mempercayai bahwa Pulau Baffin memiliki struktur batuan vulkanik yang sangat tua. Pulau Baffin terltak di daerah Arktik, Kanada. Bahkan, batuan ini terbentuk sebelum kerak bumi ada.

Itulah beberapa bagian tertua dari bumi yang bikin takjub. Melihat dari usianya yang sudah sangat tua, kenampakan tersebut masih dapat lolos dari perubahan geologis dan perubahan cuaca yang selalu berganti setiap harinya.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by virgo

Masa Penahanan Jaksa Bengkulu Diperpanjang

Aneh tapi nyata, 5 Penemu yang Meninggal Dunia karena Temuannya Mereka Sendiri!