in

Wow, ternyata ini dia khasiat jahe yang menakjubkan

Jahe atau dengan bahasa latin Zingiber Officinale merupakan salah satu tanaman rimpang yang populer untuk digunakan sebagai rempah-rempah dan juga sebagai bahan obat. Rimpangnya yang berbentuk jemari yang menggembung pada ruas-ruas tengah. Rasa pedas yang dominan pada jahe disebabkan karena senyawa keton bernama zingeron.

Manfaat jahe 

1. Menghangatkan tubuh.

Jahe yang telah dibersihkan lalu dijadikan minuman seperti bandrek,wedang jahe dll. Minuman ini berfungsi sebagai penghangat badan terlebih pada cuaca dingin.

2. Pengontrol gula darah

Hal ini belum banyak diketahui oleh orang awam. Jahe ternyata dapat menjadi pengontrol gula darah ketika di konsumsi di pagi hari secara teratur.

3. Mengatasi sistem pernafasan

Jahe bisa mengobati penyakit yang menyerang sistem pernafasan contohnya batuk, pilek, dan flu. Mengkonsumsi jahe dipercaya dapat memecah lendir atau dahak sehinga mudah dikeluarkan dan memulihkan sistem pernafasan.

4. Membantu mengurangi migrain

Sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang mana prostaglandin adalah salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe mampu mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

5. Menurunkan berat badan

Dengan mengkonsumsi jahe dapat menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan metabolisme tubuh. karena jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh dan memiliki kandungan kalori yang sedikit, sehingga tidak berkontribusi menaikan berat badan. Jadi cocok untuk kalian yang sedang diet ya.

6. Menjaga kesehatan jantung

Jika tubuh menyimpan banyak kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hubungannya dengan manfaat jahe karena di dalam tubuh memegang sebuah peran sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

7. Obat jerawat

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Medical Center. Jahe membantu dalam mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe maksimal 4 gr/hari. Karena apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi jahe dapat mengakibatkan efek samping seperti iritasi, mules, dan diare.

8. Mencegah tumbuhnya sel kanker

Sebuah universitas yang terdapat di Amerika Serikat mengabarkan bahwa secara rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar).

Nah itulah beberapa khasiat dari tanaman jahe. dengan mengetahui khasiat jahe diatas semoga kita bisa mempraktekannya jika kita membutuhkan. 

Semoga bermanfaat

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by virgo

Wow, ternyata ini dia khasiat jahe yang luar biasa

Festival Krakatau ditargetkan jaring 30 ribu wistawan