in

Xinjiang, Pusat Islam di China

Oleh: Yang junchu, Kandidat Doktor di Beijing Foreign Study University, China, & Muhammad Irsyad Guru SMPN 6 Padangpanjang

Hari  ini, ada sekitar 25 juta pemeluk Islam yang tersebar di seluruh pelosok China. Umat muslim ini tersebar dalam kelompok besar dan kecil. Islam adalah salah satu dari 5 agama yang diakui di China. Mayoritas pemeluk islam di China adalah etnis Hui dan pedagang dari Arab-Persia yang datang melalui Jalur Sutera.

Jalur Sutera merupakan jalur perdagangan yang sudah ada sejak 200 tahun sebelum masehi atau pada saat dinasti Han berkuasa. Jalur Sutera terdiri dari beberapa jalur perdagangan yang menghubungkan China dengan Barat pada zaman dahulu. Itu menyebar ke seluruh Benua Asia dan menghubungkan China dengan Asia Tengah, wilayah Mediterania, dan bahkan wilayah di Afrika dan Eropa.

Jalur Sutera secara resmi didirikan oleh Jenderal Zhang Qian yang diutus oleh Kaisar Han Wudi untuk memimpin ekspedisi Dinasti Han ke arah Barat. Dia mencapai beberapa Wilayah Barat dan mengembangkan Jalur Sutera yang menghubungkan ekonomi dan budaya Timur dan Barat.

Tujuan awal Jalur Sutera bukanlah untuk pertukaran komoditas, melainkan untuk alasan militer dan politik. Untuk mencari sekutu untuk melawan Xiongnu (orang-orang dari suku nomaden dari Asia Tengah) yang mencoba menyerang wilayah itu berulang kali, Jenderal Zhang Qian dikirim oleh Kaisar ke wilayah Barat.

Kemudian, Zhang Qian melaporkan kepada Kaisar Han Wudi bahwa wilayah Barat tertarik untuk mengembangkan hubungan komersial dengan Han. Sekali lagi Jenderal Zhang Qian dikirim untuk mengunjungi wilayah Barat, membawa serta ratusan lembu jantan, domba, dan sutera untuk dipersembahkan kepada mereka. Sutera sangat disukai oleh mereka.

Kemudian, duta besar dari wilayah Barat dikirim ke Chang’an (ibukota Dinasti Han Barat, sekarang Xi’an) dengan produk lokal mereka. Sejak saat itu, pertukaran komoditas, pengetahuan, penemuan, dan sebagainya menjadi sering terjadi, tidak hanya menguntungkan daerah-daerah yang terlibat dalam pertukaran itu, tetapi juga orang-orang yang tinggal di sepanjang Jalur Sutera.

Runtuhnya Dinasti Han menyebabkan perdagangan di Jalur Sutera menurun. Namun, berdirinya dinasti Tang merevitalisasi Jalur Sutera, mencapai klimaksnya. Saat ini, Sutera dan Bordir masih menjadi produk utama yang diangkut di sepanjang Jalur Sutera.

Sementara itu, semakin banyak pedagang, peziarah, dan misionaris dari wilayah Barat datang ke Chang’an (ibu kota Dinasti Tang) melalui Jalur Sutera, memperluas pertukaran ide, pengetahuan, agama, filosofi, dan budaya. Agama Buddha diperkenalkan ke wilayah tersebut saat ini.

Titik awal Jalur Sutra pada Dinasti Han dan Tang adalah perannya sebagai ibu kota Chang’an (sekarang Xi’an). Ini melewati beberapa kota di Provinsi Gansu seperti Lanzhou, Tianshui, Zhangye, dan Jiuquan di sepanjang Koridor Gansu dan mencapai Jiayuguan Pass of Dunhuang, yang merupakan pos utama di sepanjang Jalur Sutera.

Ketika Jalur Sutera keluar dari Koridor Gansu ke Xinjiang, ia membelah menjadi tiga jalur utama: jalur selatan, tengah, dan utara. Rute Selatan membentang ke Barat di sepanjang kaki utara Pegunungan Kunlun dan melewati Kabupaten Ruoqiang, Kabupaten Minfeng, dan daerah Hotan, mencapai Kashgar. Kemudian, melewati Dataran Tinggi Pamir dan mencapai India atau melewati Afghanistan dan Asia Tengah untuk mencapai pantai Laut Mediterania atau Laut Arab.

Rute Tengah membentang di sepanjang kaki selatan Pegunungan Tianshan melalui Loulan dari Kabupaten Rouqiang, Kota Korla, dan seterusnya dan kemudian melintasi Dataran Tinggi Pamir sampai ke Rusia.

Rute Utara membentang di sepanjang kaki utara pegunungan Tianshan. Itu dimulai di Kabupaten Hami dan melewati Turpan, Urumqi, dan Lembah Sungai Ili, mencapai daerah di sepanjang Laut Hitam.

Perdagangan di sepanjang Jalur Sutera menurun tajam saat Dinasti Tang jatuh dan saat Jalur Sutera Laut dibentuk. Jalur Sutera yang makmur adalah operasi yang baik selama lebih dari seribu tahun sebelum tidak digunakan lagi. Kota-kota kaya saat itu dengan benteng kokoh dan jalan-jalan yang ramai telah tenggelam di gurun yang luas. Saat ini, orang hanya dapat menelusuri sejarah indah mereka dalam jumlah sisa yang tak ada habisnya.

Meskipun demikian, Jalur Sutra tidak hanya berperan penting sebagai jembatan pertukaran peradaban antara kawasan Asia dan Eropa, tetapi juga meningkatkan pertukaran, integrasi, dan pengembangan berbagai peradaban dunia. Salah satu kota yang mendapatkan dampak dari jalur sutera adalah Xinjiang.

Xinjiang atau dengan nama lengkap daerah otonomi Uighur Xinjiang adalah sebuah daerah otonomi di Republik Rakyat Tingkok. Xinjiang berbatasan dengan daerah otonomi Tibet di sebelah selatan dan provinsi Qinghai serta Gansu di Tenggara.

Wilayah ini juga berbatasan dengan Mongolia di sebelah timur, Rusia di utara, serta Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Afganistan dan Kashmir di barat. Dengan luas 1,6 juta kilometer persegi, Xinjiang setara dengan 17 persen wilayah China dan merupakan wilayah otonomi terbesar.

Namun hanya 5 persen dari wilayah ini yang bisa ditinggali. Sebagian besar wilayah Xinjiang adalah gurun pasir, padang rumput, danau, hutan, dan perbukitan. Xinjiang berada di kaki gunung Tianshan yang membelah Asia Tengah.

Secara harafiah, Xinjiang bermakna “perbatasan baru” atau “daerah baru” nama ini diberikan semasa dinasti Qing Manchu. Penduduk asli Xinjiang berasal dari ras-ras Turki yang beragama islam, terutama etnis Uighur dan etnis Kazakh.

Selain ras dari Turki, di Xinjiang juga terdapat etnis Han atau etnis asli cina yang berjumlah lebih dari 40%. Dari 40% etnis han ini, terdapat etnis Hui yang merupakan keturunan dari etnis Han dengan bangsa Persia dan Arab sejak dinasti Tang.

Pada awalnya, istilah Hui disematkan kepada penganut agama islam, kristen, bahkan yahudi. Tetapi seiring berjalannya waktu, istilah ini menyempit untuk menyebut muslim. Bahkan Jenghis Khan kerap menyebut muslim dengan istilah Hui-Hui. Pada saat ini, makna Hui dipersempit lagi menjadi muslim China yang berkulit kuning.

Etnis Hui yang bisa berbahasa Mandarin dapat berbaur dengan baik dengan para Han. Satu satunya hal yang membedakan antara Hui dan Han adalah agama yang dipeluk.

Berbeda dengan penduduk asli Xinjiang, yaitu etnis Uighur yang  menggunakan rumpun bahasa turkik dan menggunakan aksara arab, hal ini menyebabkan sebagian etnis Uighur merasa diperlakukan sebagai warga kelas dua karena tidak bisa berbahasa mandarin.

Karena keterbatasan bahasa, etnis uighur tidak bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik di pemerintahan. Tetapi keadaan ini mulai berubah semenjak pemerintahan pusat dan otonomi daerah uighur xinjiang memberlakukan program bilingual di sekolah-sekolah dasar hingga menengah atas.

Semenjak program ini berjalan, kesempatan para etnis uighur untuk bekerja di pemerintahan dan sektor pekerjaan lain semakin meningkat. Mereka jadi lebih mudah berbaur dengan etnis han dan hui.

Beberapa tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2013, Presiden China XI Jinping pada saat kunjungannya ke Kazakhstan mengemukakan gagasannya untuk menghidupkan kembali jalur sutra sebagai jalur perdagangan antarnegara yang dikenal dengan program kebijakan Belt and Road Initiative (BRI).

Program ini merupakan penyempurnaan dari program sebelumnya yaitu One Belt One Road (OBOR) di mana Belt di sini dimaknai sebagai 21st Century Silk Road Economic Belt atau jalur Sutera darat yang menghubungkan China dengan negara-negara Eropa, Afrika, dan Asia Barat sedangkan road berarti 21st Century Maritim Silk Road atau jalur sutra laut yang menghubungkan China dengan negara-negara Asia Tengah dan Tenggara. Jalur lainnya adalah Ice Road yang menghubungan China dengan Rusia dan benua Artik, dan Indonesia bergabung sejak tahun 2016 di dalam program ini. (***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ribuan Bikers Ramaikan Sumatera Bike Week 2022, Irjen Pol Teddy: HDCI Pelopori Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi

Ini Dia Guru SMK 1 Sipora, Pemilik Sertifikat Wasit Sepak Bola Nasional!