in

Renang Desember Pindah ke Jakarta

Pelatnas renang Indonesia saat ini masih menjalani pemusatan di Mengwi, Bali. Tetapi, seiring bakal rampungnya venue akuatik di Kolam Renang Senayan, pelatnas bakal pindah dari Bali ke Jakarta Desember mendatang. Apalagi awal Desember nanti dijadwalkan adanya test event Asian Games 2018 di venue yang sama.

Pelatih pelatnas, Albert C. Sutanto menjelaskan bahwa saat ini fokus timnya yakni menyiapkan perenang nasional menuju test event nantinya. Dalam waktu dua bulan ke depan persiapan bakal dimulai lagi setelah rehat pasca SEA Games Agustus lalu.
”Untuk adaptasi juga, kami akan segera pindah ke Jakarta,” kata Albert kepada Jawa Pos (Grup Padang Ekspres).

Kolam renang Senayan merupakan venue yang mendapatkan sentuhan renovasi besar dalam persiapan Indonesia menjadi tuan rumah AG 2018. Perubahan signifikan terlihat dari arsitektur yang ada. Salah satunya yakni saat ini menggunakan semi indoor.

Albert menjelaskan bahwa pelatnas di Bali selama ini menggunakan kolam renang standard. Situasi yang ada di Bali cukup kondusif buat para atlet pelatnas. Namun, di pemindahan nantinya akan menjadi krusial. Sebab, venue baru yang digadang-gadang menjadi salah satu kolam renang modern di Asia itu akan menjadi kandang perenang tanah air.

”Karena sebelum renovasi kami juga pelatnas di Jakarta,” lanjutnya. Saat ini proses filterisasi air kolam menjadi konsentrasi Kemenpupera yang ditunjuk sebagai penanggung jawab renovasi. 

Sementara itu, bintang kolam renang tanah air, I Gede Siman Sudartawa tidak sabar segera menjajal venue baru tersebut. ”Asalkan jangan seperti yang di Jakabaring, baru dipakai sebulan sudah ada retak,” katanya. 

Siman yang merupakan tumpuan Indonesia di nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung itu diharapkan bisa mendulang medali emas di Asian Games 2018 mendatang. ”Kalau sekarang saya memang fokus di dua nomor tersebut,” bebernya. Tetapi, nomor 50 meter punggung menjadi prioritas utama yang diusung perenang kelahiran Klungkung, Bali itu.

Rencananya, test event Desember nanti juga sekaligus untuk menggelar Kejuaraan Renang Antara Perkumpulan Seluruh Indonesia (Krapsi) 2017. Selain itu khusus untuk test event. PB PRSI juga berencana mengundang perenang Asia Tenggara lainnya untuk turut ambil bagian. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Satu Gelar dari Nomor Manapun

Odemwingie Bakal Turun Lawan Borneo FC