in

5 Negara Dengan Gaji Guru Paling Besar di Dunia

lensaterkini.web.id – Dari semua pekerjaan yang tersedia, profesi mengajar bisa dibilang salah satu yang paling jarang terlihat saat ini. Ya, alasannya tidak lain karena karya mulia dianggap tidak menjanjikan kemakmuran. Belum lagi banyak isu yang memberitakan polemik bagi para guru yang terkadang gajinya tidak turun turun selama beberapa bulan. Akibatnya, banyak demo yang kita lihat dari para guru yang ingin mengklaim haknya tidak diberikan.

Tapi pemandangan yang berbeda akan terlihat di beberapa negara ini. Alih-alih gaji rendah, para guru disini malah dibayar yang mengalahkan direksi ternama di Indonesia. Bahkan dalam setahun ada lebih dari satu Miliar. Negara mana yang memberikan gaji sembrono? Periksa ulasan berikut ini.

Gaji guru di Luxemburg sangat ugal-ugalan

Sebuah negara kecil di benua Eropa memiliki gaji standar untuk guru dengan nominal gila. Percaya atau tidak, ada seorang guru bisa mendapatkan hingga Rp 900 juta setahun. Padahal ini untuk guru baru, sedangkan untuk mereka yang sangat berpengalaman, mereka dibayar sampai Rp 1,73 miliar setiap tahunnya. Bayangkan jika di Indonesia, tentu saja profesi guru sangat didambakan semua orang.

BACA JUGA : 10 Negara Dengan Penduduk Tergemuk Terbanyak di Dunia

Gaji yang luar biasa, tapi menjadi guru tidak mudah. Ada banyak kriteria yang harus dipenuhi. Misalnya, setiap guru harus fasih dalam tiga bahasa, baik Luxemburg, Jerman maupun Prancis. Selain itu kriteria pendidikan untuk menjadi Luxemburg juga tidak acak, harus melalui seleksi yang cukup ketat. Bayarannya bagus, tapi kualitas pendidikannya juga terjamin, salut untuk Luxemburg.

Di Irlandia gaji guru luar biasa

Mirip dengan Luxemburg, pendidikan di Irlandia juga masuk dalam 10 besar negara dengan kurikulum terbaik. Jadi tidak aneh kalau di negeri ini gaji seorang guru juga sangat sembrono. Bayangkan dalam satu tahun, guru tanpa pengalaman bisa berpenghasilan mencapai Rp 461 juta, dan itu tanpa ada pemotongan sama sekali.

Lalu bagaimana cara profesional? Jelas lebih besar bahkan sampai Rp 900 juta. Rupanya pemerintah di Irlandia banyak berinvestasi dalam masalah pendidikan ini, jadi tidak biasa bagi Irlandia menjadi kiblat bagi pencari beasiswa baik di dalam maupun luar negeri.

Di Jerman guru hidup makmur

Tampaknya Jerman tidak bermain game di bidang pendidikan. Di negara ini para guru juga dibayar dengan nominal yang cukup fantastis. Dilansir Tech Insinder, gaji guru di Jerman untuk pemula lebih dari Rp 600 juta per tahun. Dan kemudian akan ditambahkan beberapa tunjangan yang akan semakin mensejahterakan hidupnya.

BACA JUGA : 5 Perang Udara yang Menakjubkan di Dunia

Sedangkan bagi yang sudah memiliki banyak pengalaman, kisaran gaji sekitar Rp 791 juta per tahun. Tapi dengan gaji seperti itu tampaknya Jerman telah berhasil membuat pendidikan di sana cukup maju. Buktinya sangat banyak orang asing yang berebut ke sekolah disana.

Korea Selatan, gaji guru paling mahal se-Asia

Satu-satunya kawasan Asia yang berani membayar guru dengan nominal tinggi adalah Korea Selatan. Bagaimana tidak, hanya untuk pemula, guru di Korea sudah mendapatkan gaji hingga Rp 300 juta. Tentu gaji akan meningkat selama ini. Jika para guru sudah memiliki 10 tahun pengalaman belajar, lagi gaji mereka akan ditambah hingga Rp 447 juta.

Sampai saat ini gaji tertinggi di Korea Selatan berkisar antara Rp 817 juta. Meski begitu, pendidikan di sana terbilang jauh lebih ketat dan disiplin. Jadi untuk menjadi guru tidak mudah, perlu melalui banyak tes dan seleksi ketat.

Meski bayarnya sangat besar tapi sepertinya semua masuk akal. Mengingat tugas mereka adalah mendidik generasi bangsa untuk maju dan tidak ketinggalan dengan negara lain. Indonesia juga bisa bercermin dari mereka, untuk lebih memajukan kehidupan guru sebagai pendidik tunas bangsa.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading…

What do you think?

Written by virgo

PKS Akan Adukan Viktor Ke Polri

4 Fakta Sulitnya Naik Haji Yang Dapat Menguji Kesabaran Kamu