in

Apakah Perempuan Harus Berpendidikan Tinggi?

Rahmawati, S.Pd
Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUDNI

Pendidikan merupakan hal krusial bagi setiap orang, baik itu laki-laki atau perempuan. Pendidikan ditempuh dengan suatu tujuan sama pula, yakni untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang luas.

Namun saat ini, tidak jarang masih ditemukan stereotip gender mengenai tidak pentingnya pendidikan yang tinggi bagi perempuan oleh sebagian masyarakat. Kerap terdengar stigma mengenai perempuan yang hanya akan mengurus rumah tangga, sehingga pendidikan yang tinggi tidak diperlukan.

Hal tersebut tak jarang membuat seorang perempuan semakin kehilangan motivasi, kepercayaan diri atas kesempatan dan tidak terlalu mementingkan pendidikan tinggi bagi dirinya. Lantas, mengapa pendidikan yang tinggi sangat penting bagi seorang perempuan?.

Pendidikan tinggi penting bagi perempuan karena peran seorang perempuan tidak hanya mengurus rumah tangga saja, namun juga menjadi madrasah pertama bagi anak-anaknya yang diajarkan nilai-nilai moral dan ilmu pengetahuan, sehingga menciptakan generasi penerus bangsa yang berilmu dan berkarakter.

Oleh sebab itu, merupakan suatu stigma yang salah mengenai perempuan yang hanya akan mengurus rumah tangga tanpa perlu pendidikan yang tinggi.

Di era perkembangan pesat terutama digital ini, seorang perempuan sangat wajib memiliki wawasan yang luas dengan latar pendidikan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan atau karir yang lebih layak.

Dengan begitu, perempuan juga mendorong perekonomian keluarganya untuk kehidupan yang lebih baik, serta dapat membantu menyelesaikan masalah finansial sebagai wujud bakti kepada orangtua maupun membantu perekonomian bagi pasangannya.

Untuk itu, seorang perempuan haruslah memiliki background pendidikan yang tinggi sehinga mampu bersaing layaknya laki-laki untuk mendapatkan pekerjaan dan kedudukan yang terjamin di masa depan. (***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Semen Padang Raih Sertifikat Gold Reward SMP Obvitnas dari Kapolri

Makna Aksara di Lembar Warna-Warni