in

Arkeolog Mesir Temukan Lebih Dari 100 Sarkofagus

SAQQARA – Pemerintah Mesir pada Sabtu (14/11) melaporkan penemuan lebih dari 100 sarkofagus (peti mayat) yang masih utuh dan diperkirakan telah berusia lebih dari 2.500 tahun. Temuan sarkofagus ini merupakan yang terbesar sepanjang tahun ini setelah sebulan lalu juga ditemukan 59 sarkofagus utuh yang juga telah berusia lebih dari 2.500 tahun lalu.

“Masih banyak yang belum ditemukan di Saqqara. Ekskavasi masih dilakukan karena setiap kami menemukan ruang kubur ditemukan pintu masuk ke ruang kubur lainnya,” kata Menteri Kepurbakalaan dan Pariwisata Mesir, Khaled al-Anani.

Dalam pengumuman temuan ratusan sarkofagus pada akhir pekan itu, arkeolog membuka sarkofagus milik para petinggi Mesir kuno yang salah satunya adalah milik seorang hakim dari dinasti ke-6 bernama Heteb Ka yang pernah amat dimuliakan oleh raja Mesir kuno.

Ratusan sarkofagus ini rencananya akan dikirimkan ke sejumlah museum di Mesir termasuk ke Grand Egyptian Museum yang lokasinya dekat dengan piramida Giza yang rencananya akan dibuka pada 2021. Temuan sarkofagus- sarkofagus lainnya diperkirakan akan diumumkan pada Desember atau awal 2021 mendatang. SB/AFP/I-1

 

What do you think?

Written by Julliana Elora

Fakta menarik Joan Mir, juara dunia MotoGP 2020

Polusi Asap Parah Landa New Delhi