in

AS Gelontorkan Bantuan 3 Juta Dollar AS untuk Indonesia

JAKARTA – Pemerintah In­donesia mendapat bantuan dari pemerintah Amerika Serikat se­besar tiga juta dollar AS untuk menanggulangi pandemi Cov­id-19. Bantuan tersebut disalur­kan pemerintah AS melalui se­jumlah lembaga, antara lain Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), International Develop­ment Design Summits (IDDS), John Hopkins University, Uni­ted States Agency for Interna­tional Development,( USAID), The Centers for Disease Con­trol and Prevention (CDC).

“Dukungan dalam bentuk lain yang diberikan, antara lain laboratorium, risk com­munication surveilance, dan dalam bentuk penyediaan alat kesehatan antara lain APD dan reagen,” ucap Menteri Luar Ne­geri, Retno LP Marsudi, usai mengikuti pertemuan para menteri luar negeri negara-ne­gara Asean dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, Kamis (23/4).

Pada kesempatan itu, Retno juga mengungkapkan ada lebih dari 30 ribu kasus virus korona di Asean yang terkonfirmasi per 22 April, sedangkan angka kemati­an di Asean lebih dari seribu.

“Jadi di dalam briefing-nya, Sekjen Asean menyampaikan beberapa informasi, antara lain paham mengenai masalah data confirmed cases Asean. Per 22 April, jumlah confirmed cas­es positif Covid-19 di Asean ada­lah 33.295 kasus dengan angka kematian 1.240,” kata Retno.

Sementara di Indonesia, saat ini jumlah kasus terkon­firmasi positif mencapai 7.775 orang, dengan kasus yang me­ninggal dunia mencapai 647 orang. Itu artinya, lebih dari 50 persen kasus meninggal dunia akibat Covid-19 di Asean ber­ada di Indonesia.

Retno menyampaikan sejauh ini respons penanganan korona di Asean berjalan dengan baik. Penanganan dilakukan baik melalui kerja sama antarnegara maupun kerja sama kawasan.

“Asean telah merespons ini, baik melalui kerja sama bilate­ral maupun kerja sama kawas­an,” ujar Retno.

Dalam pertemuan virtual Menlu se-Asean dan AS itu, Ret­no mengatakan total bantuan AS dalam penanganan korona un­tuk Asean senilai 35,3 juta dol­lar AS. “Tadi sudah disebutkan di dalam briefing Sekjen bahwa secara total bantuan yang su­dah diberikan Amerika kepada kawasan jumlahnya adalah 35,3 juta dollar AS,” ujar Retno.

Dalam kesempatan tersebut, Retno menambahkan, Menlu Mike Pompeo berharap kerja sama tak hanya dalam penang­gulangan Covid-19, tetapi juga pemulihan kondisi ekonomi pascapandemi.

Kerja sama Lanjutan

Sementara itu, Sekjen Asean, Lim Jock Hoi, menyampaikan apresiasi dan mengharapkan kerja sama lanjutan dengan AS, antara lain melalui pertukaran kebijakan dan informasi serta bantuan teknis untuk mendetek­si infeksi virus, mengembangkan metodologi pencegahan dan pe­rawatan, termasuk riset untuk vaksin dan obat-obatan.

Asean juga mengharapkan kerja sama pelatihan pekerja kesehatan serta program ma­gang untuk para peneliti Asean di CDC AS.

Asean dan AS sepakat untuk mengadakan konferensi video antara para ahli kesehatan pada 29 April mendatang. Menteri kesehatan negara-negara Asean dan AS juga akan melakukan pertemuan secara virtual pada 30 April 2020. n Ant/fdl/P-4

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bupati Nisel Delegasikan Camat Fanayama Lantik Anggota BPD Siwalawa

Data Kasus Covid-19 dari Hasil Tes di Laboratorium